Iklan

Iklan

Pembukaan Wisatawan Mancanegara Harus Dibarengi Pengetatan SOP

BERITA PEMBARUAN
22 Maret 2021, 12:39 WIB Last Updated 2021-03-22T05:41:54Z
Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI saat berikan sambutannya di hadapan Wali kota Batam dan jajaranya, di Batam View Resorts, Minggu (21/3/21).


BATAM- Pemerintah tengah merencanakan membuka kembali Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Indonesia. Kepulauan Kepri menjadi salah satu provinsi yang akan menjadi percontohan.


Walikota Batam Muhammad Rudi mengatakan, Kepri ada dua yang akan ditunjuk sebagai pilot project. Diantaranya adalah Kota Batam dan Kabupaten Bintan.


"Untuk Batam akan dipusatkan di Kecamatan Nongsa. Alhamdulillah saat ini Nongsa sudah zona hijau," kata Rudi saat memaparkan kesiapan Kota Batam dihadapan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga  Salahudin Uno, di Batam View Resorts, Minggu (21/3/21).


Dijelas Rudi bahwa ada tiga keunggulan Nongsa untuk menjadi daya tarik wisma. Pertama adalah Wisata Golf, Resorts dan Kampung Tua. Sehingga diharapkan bisa menjadi pilihan wisatawan untuk datang ke Batam.


Rudi berpesan kepada seluruh pengelola kawasan pariwisata di Nongsa untuk benar-benar menerapkan standard operational prosedur(SOP). Sebab hal ini menjadi bagian yang sangat penting dan wajib dilaksanakan.


"Karena kalau sampai ada satu saja kasus, maka ini akan di tutup kembali. Karena itu siapapun yang datang SOP harus dilaksanakan, termasuk saya sendiri," kata Walikota Batam Muhammad Rudi.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, pihak nya juga sepakat apa yang disampaikan Walikota Batam.


Menurut Rudi, dengan dibukanya kembali pintu masuk mancanegara diharapkan agar pengelola pariwisata di Kepri tidak berevoria yang berlebihan. Sehingga lengah dan tidak menerapkan SOP yang ada.


Selain itu Sandiaga juga berpesan kebijakan pembukaan pariwisata mancanegara diharapkan tidak hanya mengguntungkan pelaku usaha yang besar saja. 


"Tapi juga harus sampai kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah," pungkasnya.(firman)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pembukaan Wisatawan Mancanegara Harus Dibarengi Pengetatan SOP

Terkini

Topik Populer

Iklan