Iklan

Iklan

Market Day PAUD Bunga Cempaka Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

BERITA PEMBARUAN
14 November 2022, 18:28 WIB Last Updated 2022-11-15T02:48:56Z

 

Anak-anak PAUD dari Kelompok Mawar didampingi oleh orang tua sedang menjajakan jajanan.

KARAWANG - Pendidikan karakter sudah diterapkan sejak dini oleh guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bunga Cempaka Desa Margasari Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang Jawa Barat.


Anak-anak didik diajarkan untuk kreatif, percaya diri dan peduli terhadap sesama. Berbagai kegiatan belajar mengajar tidak melulu dilakukan didalam ruang kelas, kerap kali kegiatan dilakukan di luar ruangan dengan pendampingan guru.


Pada event Market Day 14 November 2022 kali ini digelar halaman sekolah SDIT Bunga Cempaka. Anak-anak PAUD Bunga Cempaka diajarkan untuk berjualan jajanan dengan harga Rp1.000 dan Rp2.000. Setiap anak membawa barang dagangan senilai Rp20.000. Hasil penjualannya kemudian akan disumbangkan kepada anak yatim.


Beraneka macam jajanan anak di pajang meja-meja tempat berjualan, mulai dari agar-agar, puding, donat, bola susu dan lainnya dijajakan oleh siswa PAUD yang didampingi oleh orang tuanya.


Pada saat jam istirahat, siswa SDIT langsung memburu jajanan yang dijajakan oleh siswa PAUD. Tak ayal kurang dari setengah jam semua jajanan yang dijajakan habis terjual.


Seorang ibu yang bernama Karyati mengatakan bahwa kegiatan Market Day tersebut sangat positif untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak.


"Kegiatan ini sangat bagus sekali karena dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak," ujar ibu dari siswa PAUD B yang bernama Anugrah Hakim tersebut.


Karyati juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga dapat memperkuat kekompakan antara anak dan orang tua.


"Kegiatan ini menuntut kita untuk kompak dengan anak, bahkan kita dengan orang tua siswa yang lain dalam kelompok kita," terangnya.


Guru PAUD bernama Siti Azizah menjelaskan bahwa uang yang terkumpul dari hasil penjualan jajanan siswa PAUD sejumlah Rp667.000. Uang tersebut kemudian akan disumbangkan kepada anak-anak yatim di sekitar sekolah. (Mus)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Market Day PAUD Bunga Cempaka Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

Terkini

Topik Populer

Iklan