Iklan

Iklan

Ribuan Siswa TK Ikuti Manasik Haji dan Umroh yang Digelar IGTK Karawang

BERITA PEMBARUAN
22 November 2022, 21:35 WIB Last Updated 2022-11-22T14:38:48Z
Ribuan siswa TK saat mengikuti latihan manasik dan umroh di Masjid Az-Zahra Galuh Mas, Karawang, Selasa 22 November 2022.(foto:chim)


KARAWANG - Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Karawang mengadakan kegiatan manasik haji dan umroh bagi 4.315 anak TK di Masjid Az Zahra Galuh Mas, Telukjambe Timur Karawang, Jawa Barat, Selasa 22 November 2022.


Ketua IGTKI Karawang H.Ade Rusdana menyampaikan, kegiatan tersebut menjadi upaya dalam pengenalan rukun Islam ke 5 bagi anak-anak. Ia melanjutkan ada 200 sekolah yang ikut serta dalam acara tersebut. 


"Ini adalah program setiap tahun yang kami selenggarakan, point utama untuk mengenalkan rukun Islam yang ke 5," ujarnya. 


Ia menyampaikan tidak terdapat kesulitan apapun dalam memberikan pengajaran perihal manasik kepada anak-anak. Peserta yang ikut hanya berasal dari TK B saja. Ia pun telah melakukan koordinasi dari berbagai pihak. 


"Tidak semua anak-anak mengikuti, kebanyakan yang ikut itu di jenjang kelas B," terangnya. 


Pimpinan Pengelola Masjid Az Zahra Masaik Galuh Mas Rudy Ariansyah memaparkan kapasitas masjid tersebut dapat menampung tiga ribu jamaah. Fasilitas untuk manasik haji dan umroh telah tersedia secara lengkap. Ia melanjutkan fasilitas tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. 


"Total semua per hari ada 2500, kapasitas kami sendiri ada 3000 per hari dengan kondisi rolling. Secara fasilitas sudah lengkap untuk edukasi jadi tidak akan ada cafetaria ataupun stand makanan," ungkapnya. 


Ia menyampaikan kegiatan pembelajaran manasik dapat memberikan motivasi kepada masyarakat. Maka hal itu yang menjadi salah satu faktor untuk memberikan pengajaran sejak dini kepada anak-anak. Selain itu agar masyarakat lebih mengutamakan ibadah terlebih dahulu saat memiliki uang. 


"Ibadah ini di pupuk sejak usia kanak-kanak agar mereka dapat termotivasi, lebih bagus lagi jika di ulang saat SD sampai SMA nanti," lanjutnya. 


Wiwi, orang tua siswa menyatakan mendukung adanya kegiatan tersebut. Hal ini dikarenakan agar dapat mengenal tata cara haji dan umroh. Ia mengungkapkan sejak di rumah anak telah memiliki antusias yang tinggi. 


"Bagus dan mendukung supaya mendidik anak kita kalau di Mekkah saat haji nanti. Antusiasnya tinggi banget walaupun cuma ilustrasinya aja," tutupnya.(chim)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ribuan Siswa TK Ikuti Manasik Haji dan Umroh yang Digelar IGTK Karawang

Terkini

Topik Populer

Iklan