Iklan

Iklan

Caleg PKS Kabupaten Bekasi Teti Lestari Janjikan Bangun Pusat Oleh-oleh Dodol Betawi

BERITA PEMBARUAN
30 Oktober 2023, 11:14 WIB Last Updated 2023-10-30T04:15:09Z
Teti Lestari saat mengunjungi pelaku UMKM Dodol Betawi di Kampung Ceger Desa Sukajaya Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Senin 30 Oktober 2023.(foto:don)


BEKASI - Kampung Ceger di Desa Sukajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, memiliki reputasi lama sebagai Kampung Dodol Betawi dengan lebih dari 40 pengusaha atau pengrajin yang mewarisi tradisi ini secara turun temurun.


Teti Lestari, calon anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mengunjungi Kampung Ceger pada Minggu (29/10/2023). 


Dia bertemu dengan Marno, pengelola Sentra Dodol di Kampung Ceger, yang menjelaskan warisan tradisi membuat Dodol Betawi.


Marno dengan senang hati menerima kunjungan Teti Lestari yang mewakili Daerah Pemilihan 2 Kabupaten Bekasi, termasuk Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Cikarang Barat. Teti Lestari juga memiliki hubungan keluarga di Desa Sukajaya.


Marno berharap Teti Lestari bisa membantu masyarakat Cibitung dan Cikarang Barat dengan membangun pusat oleh-oleh yang menjadi pusat niaga makanan tradisional khas Kabupaten Bekasi. 


"Dodol Betawi Kampung Ceger telah mendapat rekor MURI untuk pembuatan Dodol raksasa berukuran 60 meter. Namun, promosi Dodol raksasa tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi," ujar Marno.


Sementara Teti Lestari mengungkapkan keinginannya untuk mendirikan Pusat Oleh Oleh Kabupaten Bekasi di Pasar Haji Abdul Malik, Warung Bongkok, Kecamatan Cikarang Barat. Rencana ini telah dipersiapkan sejak akhir 2022. 


"Jika terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Bekasi dalam Pemilu 2024, saya berencana mengembangkan usaha kerakyatan ini, memberikan dukungan permodalan kepada pelaku usaha Dodol dan makanan tradisional khas Kabupaten Bekasi lainnya, serta mempromosikan produk lokal untuk mencapai pangsa pasar yang lebih luas, termasuk pasar ekspor," tuturnya.


Teti Lestari juga mencicipi Dodol Betawi buatan Marno, yang diakui memiliki rasa gurih dan legit. Dodol Betawi ini diproduksi secara tradisional dengan tungku kayu bakar dan memerlukan waktu 7 hingga 8 jam untuk proses pembuatannya. 


"Dodol Betawi ini rasanya sangat enak dan mencerminkan cita rasa lokal yang khas," ujar Teti. (***)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Caleg PKS Kabupaten Bekasi Teti Lestari Janjikan Bangun Pusat Oleh-oleh Dodol Betawi

Terkini

Topik Populer

Iklan