Iklan

Iklan

Antisipasi Banjir, Pekan Depan BPBD Tapin Rencanakan Susur Sungai

BERITA PEMBARUAN
22 Desember 2023, 20:24 WIB Last Updated 2023-12-22T13:24:07Z
BPBD Tapin Raniansyah saat menggelar rapat persiapan mitigasi balarut banyu di Kantor BPBD, Rantau, Jumat 22 Desember 2023 (foto: ist)


RANTAU - Upaya antisipasi bencana banjir dan tanah longsor di bantaran Sungai Tapin, pekan depan BPBD Tapin berencana lakukan mitigasi balarut banyu (susur sungai).


Hal itu disampaikan Kepala BPBD Tapin, Raniansyah sesaat usai menggelar rapat persiapan mitigasi balarut banyu dengan instansi terkait dan sejumlah relawan, di Kantor BPBD Kabupaten Tapin, Rantau, Jumat, 22 Desember 2023.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin, Kalsel, Raniansyah mengatakan, balarut banyu atau susur sungai tersebut rencananya akan dilaksanakan pada pekan depan, tepatnya Rabu 26 Desember 2023 nanti.


"Tujuannya, kita akan melakukan bersih- bersih di Sungai Tapin, sekaligus sebagai upaya antisipasi bencana banjir dan mitigasi tanah longsor di daerah bantaran sungai," ungkapnya.


Adapun titik start balarut banyu tersebut akan dimulai dari Jembatan Kecamatan Bungur hingga finish di Jembatan Jl Brigjen Hasan Basri Rantau, Tapin.


"Untuk pesertanya nanti BPBD, Anggota TNI Kodim 1010/Tapin, Personil Polres Tapin, Dinas PUPR, Orari, Relawan Bapara, TRT, BME dan relawan lainnya," sebutnya.


Dikatakannya, nanti seluruh tim akan menyusuri sungai tapin sepanjang lebih kurang 5 Km sembari melakukan bersih-bersih sungai dari sampah, ranting dan lain-lainnya.


"Sekaligus Dinas PUPR nantinya akan melakukan mitigasi. Titik mana saja yang urgent untuk dibuatkan siring di daerah sepanjang bantaran sungai tersebut, agar tidak terjadi longsor. Terutama daerah bantaran sungai yang berpotensi rawan longsor dan terdapat rumah penduduk," ujar Kepala BPBD Tapin.


Diketahui, Sungai Tapin merupakan salah satu sungai terbesar yang melintas ke Kota Rantau Ibukota Kabupaten Tapin (ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Antisipasi Banjir, Pekan Depan BPBD Tapin Rencanakan Susur Sungai

Terkini

Topik Populer

Iklan