Iklan

Iklan

H. Acep Jamhuri Terpilih Jadi Ketua Pengkab IPSI Karawang Periode 2024-2028

BERITA PEMBARUAN
07 Januari 2024, 18:16 WIB Last Updated 2024-01-07T11:17:28Z
Sekretaris KONI Kabupaten Karawang Rahmat Gunadi (berbaju telor asin) didampingi Ketua terpilih H.Acep Jamhuri (sebelah kanan Sekretaris KONI) usai pelaksanaan Muskab di Hotel Brits Karawang, Minggu 7 Januari 2024.(foto: ist)


KARAWANG - H.Acep Jamhuri terpilih sebagai Ketua Pengkab IPSI Kabupaten Karawang pada Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke-XIV Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Karawang, yang digelar di Brits Hotel Jalan Interchange Karawang Barat Minggu (7/1/2024).


Muskab tersebut mengusung tema 'Bersatu Membangun Pencak Silat Karawang yang Berprestasi' mendapuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang jadi Ketua Pengkab IPSI Karawang periode 2024-2028.


Ketua Panitia Muskab, Saepudin Lubis, mengatakan, Muskab ini telah melibatkan sejumlah tahapan, mulai dari penjaringan dan pembentukan panitia, sosialisasi pelaksanaan pada perguruan silat se-Karawang, pra Muskab, penjaringan bakal calon ketua, hingga pelaksanaan Muskab.


Lubis mengungkapkan bahwa awalnya ada dua calon yang mendaftar, namun setelah diverifikasi oleh panitia dan Pengprov IPSI Jawa Barat, hanya satu calon yang memenuhi syarat untuk maju.


“Dari awal hingga akhir penjaringan hanya satu calon yang dinyatakan lolos verifikasi. Sehingga kami menyatakan aklamasi,” kata Lubis.


Lubis menjelaskan bahwa dari total 64 perguruan silat terdaftar di IPSI Karawang, sebanyak 46 perguruan silat yang aktif turut hadir dalam Muskab ini. 


Sementara dalam persidangan, dilaporkan pertanggungjawaban pengurus IPSI periode 2019-2023 dengan ketua H. Acep Jamhuri. Hasilnya, peserta menerima laporan pertanggungjawaban tersebut dan pimpinan sidang menyatakan demisioner pengurus IPSI lama.


“Pengurus IPSI dipastikan ada perubahan. Untuk pengurus IPSI periode 2024-2028 diserahkan pada formatur atau ketua terpilih untuk menyusun kepengurusan bersama keterwakilan dari IPSI Pengprov Jabar, dua orang keterwakilan perguruan silat, dua orang pengurus IPSI lama, dan perwakilan dari panitia Muskab. Sekitar 30 hari untuk menyusun kepengurusan dan dilaporkan kepada Pengprov IPSI Jabar,” ujar Lubis.


Lubis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, sehingga Muskab IPSI Karawang dapat terlaksana dengan baik dan kondusif. Terpilihnya Drs.H. Acep Jamhuri sebagai Ketua Pengurus IPSI Karawang periode 2024-2028 menjadi amanah yang diamanatkan berdasarkan kesepakatan bersama.


Ketua IPSI Karawang terpilih, H.Acep Jamhuri menambahkan bahwa Muskab ini sukses tanpa ekses sesuai dengan kesepakatan. Ia berharap program ke depan lebih membumikan pencak silat, terutama di kalangan pelajar di Karawang.


“Membangun prestasi pencak silat, selanjutnya rapat kerja ke depan kita siapkan. Koordinasikan dengan kepala sekolah, agar masuk di sekolah selain ekstrakurikuler juga menjadi muatan lokal di sekolah,” ucapnya.


Acep telah berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Barat terkait wacana kejuaraan pencak silat tingkat dunia. Ia melihat peluang tersebut agar dapat digelar di Kabupaten Karawang sebagai tuan rumah.


“Responsif Jawa Barat luar biasa terhadap IPSI Karawang. Sebab, event pencak silat di Karawang heboh sampai tingkat Jawa Barat pun sering diadakan di Karawang. Maka itu, ada rencana kejuaraan pencak silat dunia agar sinergi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Barat dan dapat diadakan di Karawang,” tandasnya.


Di tempat yang sama, Ketua Harian IPSI Pengprov Jawa Barat, H. Sonny Hersona, menyampaikan kebanggan pada IPSI Karawang yang telah melahirkan bibit pencak silat berprestasi. 


Ia yakin terpilihnya Acep Jamhuri kembali sebagai Ketua IPSI Karawang akan membawa perubahan positif bagi perkembangan pencak silat di Kota Pangkal Perjuangan. 


"Selamat dan sukses Muskab IPSI Karawang," ucap Sonny.(chim)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • H. Acep Jamhuri Terpilih Jadi Ketua Pengkab IPSI Karawang Periode 2024-2028

Terkini

Topik Populer

Iklan