Iklan

Iklan

Pj. Bupati Tapin Serahkan Bantuan Alat Tanggap Bencana untuk Desa dan Kelurahan

BERITA PEMBARUAN
23 Januari 2024, 14:25 WIB Last Updated 2024-01-25T02:27:35Z
PJ. Bupati Tapin saat menyerahkan bantuan peralatan bencana kepada pemerintah desa di Halaman Kantor BPBD Tapin, Selasa 23 Januari 2024.(foto: ist)


RANTAU - Penjabat (Pj) Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin didampingi Staf Ahli Bupati, Syafrudin, dan Kepala BPBD Tapin Raniansyah serahkan bantuan peralatan tanggap bencana kepada TRT, Kelurahan Tangguh Bencana (Katana) dan Desa Tanguh Bencana (Tagana).


Turut hadir beberapa Kepala SKPD Tapin, Camat, Kepala Desa dan Lurah, Anggota DPRD Tapin Ikhwanudin Husein beberapa Ketua Relawan dan lainnya, bertempat di Halaman Kantor BPBD Kabupaten Tapin, Rantau, Selasa 23 Januari 2023.


"Bantuan ini bersumber dari hibah dana APBD Pemkab Tapin Tahun Anggaran 2023. Di mana pada prosesnya melalui hasil jaring aspirasi masyarakat anggota DPRD Tapin dapil 2 dan 3," sebut Penjabat Bupati Tapin.


Dikatakannya,bantuan ini sebagai salah satu wujud perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat dan bentuk upaya antisipasi penanggulangan keselamatan warga apabila terjadi bencana di wilayah.


"Sebagaimana kita ketahui, bencana itu bisa terjadi kapan dan di mana saja,tidak terkecuali di Kabupaten Tapin, terutama disaat musim hujan dimana terdapat beberapa wilayah yang potensial terjadi banjir atau longsor," ujarnya.


Untuk itu kata Syarifuddin, diharapkan dengan adanya bantuan peralatan ini, tim relawan di Desa atau Kelurahan bisa dengan cepat atau tanggap melakukan aksi penanggulangan disaat terjadi bencana minimal di sekitar wilayahnya.


"Atas nama pribadi dan Pemkab Tapin, saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan di Tapin yang selama ini telah bekerja secara sukarela untuk membantu warga di setiap ada kejadian terutama bencana ditengah masyarakat," ucapnya.


Ia memprediksi, musim hujan masih akan berlangsung hingga beberapa bulan ke depan dan puncaknya diperkirakan sekitar bulan Februari, sehingga BPBD dan relawan mesti waspada terhadap potensi bencana banjir di beberapa daerah di Kabupaten Tapin.


Senada, Kepala Pelaksana BPBD Tapin, Raniansyah mengatakan, dana APBD Kabupaten Tapin TA 2023 untuk bantuan hibah peralatan tanggap bencana ini total kurang lebih senilai Rp495 juta.


"Adapun penerima hibah antara lain, Team Rescue Tapin (TRT), Kelurahan Tangguh Bencana (Katana) Binuang,dan Desa Tangguh Bencana (Tagana) Margasari Hulu CLS," sebutnya.


Ia menjelaskan, untuk TRT yakni 1 buah perahu fiber mesin kecil, sementara relawan Katana Binuang terdapat 11 item dengan total 13 buah diantaranya kendaraan roda tiga 1 buah, mesin chain shaw 1 buah, perahu fiber besar 1 buah, mesin portable damkar 1 buah dan peralatan perlengkapan lainnya.


"Untuk Desa Tangguh Bencana (Tagana) Margasari Hulu CLS terdapat 8 item dengan jumlah 135 buah antara lain,2 buah perahu karet,1 set paket pompa pemadam, kaos relawan, rompi, sepatu, helm kacamata, baju pelampung dan lainnya yang berjumlah puluhan," ujarnya.(Ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj. Bupati Tapin Serahkan Bantuan Alat Tanggap Bencana untuk Desa dan Kelurahan

Terkini

Topik Populer

Iklan