Iklan

Iklan

Jelang Idul Adha 1442 H, Omset Penjualan Sapi Kurban Menurun

BERITA PEMBARUAN
14 Juli 2021, 08:45 WIB Last Updated 2021-07-14T01:45:58Z
Para pedagang hewan kurban menurun omset penjualan nya.


BEKASI-  Omset penjualan hewan kurban Sapi, di Kabupaten Bekasi menurun drastis, hal tersebut diakui oleh para pedagang selama satu bulan terakhir jelang Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada tanggal 20 Juli mendatang.


Salah satu pedagang yang menggelar lapak hewan kurban di jalan Sultan Hasanudin, Kecamatan Tambun Selatan mengakui omset penjualan sapi Bima dagangannya menurun hingga 40 persen.


Surahman mengatakan saat ini penjualan sapi untuk kurban miliknya lebih banyak didapatkan dari sistem penjualan online, sedangkan pembeli yang datang langsung sangat sedikit dampak adanya pemberlakuan PPKM dimasa pandemi Covid-19.


"Penjualan saat ini hanya melalui sistem online, kalau yang datang langsung itu sedikit, karna kan ada pembatasan kegiatan masyarakat," ungkap Surahman, Selasa (13/7/2021).


Surahman juga mengaku, sejak satu bulan terakhir Ia menggelar lapak sapi dagangannya sebanyak 75 ekor. Dan baru terjual baru 70 persennya, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang mampu mendatangkan sapi asal Bima hingga ratusan ekor, hal itu dilakukannya khawatir tidak bisa menjual keseluruhan sapi yang ada.


"Biasa kami bisa menjual lebih dari 150 ekor, tapi tahun ini kita bawa 75 ekor dan baru 70 persennya yang terjual lewat aplikasi WhatsApp," ujarnya.


Hal serupa juga diakui oleh Budiyono salah satu pedagang sapi hewan kurban lokal yang di Jalan Raya Citarik Lama, Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, penjualan sapi dilapak miliknya juga menurun, biasanya mampu menjual sapi hingga 300 ekor, namun tahun ini hanya mampu terjual tidak lebih dari 200 ekor.


"Biasanya kami bisa menjual sampai 300 ekor, tapi berbeda tahun ini hanya sampai paling banyak 200 ekor saja," terang Budiyono.


Ia juga mengatakan faktor turunnya penjualan sapi hewan kurban akibat ekonomi masyarakat yang terdampak dari pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.


"Sekarang pembeli itu biasanya melalui online, dan yang paling jauh pembeli kita cuma dari Karawang jadi lebih banyak lokal," pungkas Budiyono.(sigit)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Idul Adha 1442 H, Omset Penjualan Sapi Kurban Menurun

Terkini

Topik Populer

Iklan