Iklan

Iklan

Pemkab Tapin Bersama TNI Berencana Tanam Sejuta Pohon dan Tebar Bibit Ikan

BERITA PEMBARUAN
06 Juli 2021, 17:58 WIB Last Updated 2021-07-06T11:00:14Z
Pasi Intel Kodim 1010/Tapin Kapten Inf. Waluyo bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin H Nordin saat Rakor di Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Rantau Kiwa Tapin, Selasa (6/7/21) (foto:jagat)


TAPIN - Rencana Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan melaksanakan program lanjutan penanaman satu juta pohon serentak se-Kalsel yang bakal dilaksanakan pada hari Jumat 9 Juli 2021 mendatang, dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Tapin.


Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama TNI AD Kodim1010 Tapin dan Dinas Perikanan beserta stakeholder terkait, menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan rencana penanaman sekaligus penebaran bibit ikan di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah.


Rakor persiapan tersebut digelar di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin Rantau Kiwa, Tapin pada hari Selasa tanggal (6/7/21).


Hadir dalam Rakor tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin H.Nordin, Komandan Kodim 1010/Tapin yang diwakili oleh Pasi Intel Kapten INF.Waluyo dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tapin H.Parianata.


Dandim 1010 Tapin, Letkol.Inf.Andi Sinrang melalui Pasi Intel, Kapten INF Waluyo menyambut baik koordinasi rencana penghijauan, dan lanjutan penanaman sejuta pohon se-Kalsel yang juga bakal dilaksanakan di Kabupaten Tapin dengan melibatkan TNI Kodim 1010/Tapin.


"Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup guna bersama-sama sejalan mendorong masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian tanaman," ungkapnya.


Kapten INF Waluyo menuturkan, bahkan kita sudah menyiapkan dua jenis tanaman yaitu pohon kayu dan jenis pohon buah yang bakal ditanam.


Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup, H.Noordin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tapin mendukung program lanjutan penanaman sejuta pohon yang dilaksanakan serentak masing-masing kabupaten kota se-Kalsel, termasuk Kabupaten Tapin.


"Lokasi penanaman rencananya di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah, kawasan yang direncanakan bupati menjadi wisata kreatif dan sudah dilaksanakan program padat karya dengan membersihkan aliran sungai dan membongkar bangunan di bantaran sungai.


Noordin menjelaskan, tujuan penanaman pohon yang kita laksanakan adalah, untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kemudian mempekakan fungsi lingkungan dengan melakukan penghijauan pada lokasi-lokasi yang dinilai kritis, dan kebetulan lokasi yang dipilih di jalur padat sungai yang notabene tanamannya sangat kurang.


"Penanaman pohon akan dilaksanakan bersama prajurit TNI Kodim/1010 Tapin, dimana disiapkan bibit tanaman pohon sebanyak 5 jenis tanaman dengan jumlah total 1.250 batang bibit  pohon," terangnya.


Lanjtunya, diantaranya jenis pohon yang akan ditanam alpukat, mahoni, sangon, dan lainnya. Selain itu sesuai permintaan Bupati Tapin, kita juga akan tebar bibit ikan dan sudah disiapkan oleh Dinas Perikanan Tapin.


Senada, Kepala Dinas Perikanan Tapin, H.Parianata menyambut baik, kegiatan penanaman sejuta pohon yang dilaksanakan serta mengapresiasi dengan dilibatkannya Dinas Perikanan Tapin oleh Pimpinan Daerah untuk ikut melakukan restocking atau tebar bibit ikan.


"Rencananya pihak kami bakal menebar bibit ikan jenis Pepuyu dan jenis Nila sebanyak 10 ribu hingga 15 ribu ekor," ujarnya.


H Parianata menjelaskan, tujuan restocking atau penebaran bibit ikan ini diharapkan bisa berkembang dan dibudidayakan masyarakat setempat, sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkasnya.(ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Tapin Bersama TNI Berencana Tanam Sejuta Pohon dan Tebar Bibit Ikan

Terkini

Topik Populer

Iklan