![]() |
Sekda Kabupaten Tapin H.Masyraniansyah |
RANTAU- Peningkatkan keterpaduan dan efisiensi pelayanan intens dilakukan Pemerintah Kabupaten Tapin diantaranya dengan melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) dan Sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
SPBE atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik itu sendiri merupakan bentuk penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam memberikan layanan kepada Pengguna SPBE.
Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin, H. Masyraniansyah kepada beritapembaruan.id Jumat (16/7/21) mengatakan, SPBE ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.
Menurut H Masyraniansyah, tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik sangat diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik.
"SPBE bukan hanya sekedar penggunaan aplikasi, atau sistem informasi dalam pengerjaan operasional kegiatan keseharian pemerintahan," ujarnya.
Menurutnya lebih dari itu, SPBE meliputi beberapa domain antara lain Domain Kegiatan Pemerintahan, Teknologi dan Informasi serta Layanan.
Dikatakan Sekda, domain kegiatan pemerintahan ruang lingkup SPBE meliputi Rencana Induk SPBE, Proses Bisnis, Anggaran dan Belanja SPBE serta Data dan Informasi Elektronik.
"Nah, di Tapin rencananya di tahun ini ada 25 rumah makan yang akan dipasang alat sehingga hasil pajak bisa langsung terlihat dan masuk ke kas Daerah," terangnya.
Lebih lanjut H Masyraniansyah mengatakan, selain itu, penggunaan SPBE ini juga untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pendapatan salah satunya melalui pajak.
"Selain rumah makan, di SPBE ini juga akan digunakan untuk para pembayar pajak dari pelaku bisnis yang menyewa toko di pasar-pasar," jelasnya.(ron)