Iklan

Iklan

Kreativitas Ditekuni, Warga Tegalwaru Hasilkan Rupiah

BERITA PEMBARUAN
22 Oktober 2021, 10:46 WIB Last Updated 2021-10-22T03:46:29Z
Paska berhenti kerja karena dampak pandemi, Aceng bergulat dengan bambu dan berkreasi memproduksi kerajinan tangan yang menghasilkan uang, Jumat (22/10/21)(foto:saman)


KARAWANG- Mengisi kegiatan pada masa pandemi dengan kreasi, Aceng (40) warga asal Kampung Palasari Desa Kutalanggeng, Tegalwaru, Karawang, berhasil membuat kreasi kerajinan dari bambu. 


Aceng berharap pemerintah harus lebih memperhatikan pengrajin-pengrajin seperti ini, karena dimasa yang sulit seperti ini UMKM dan kerajinan tangan harus didukung secara penuh guna perekonomian masyarakat tetap berputar.


Desa Kutalanggeng adalah sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Sinalanggeng dan Gunung Cengkik. Selain itu di Desa Kutalanggeng banyak kebun bambu, baik bambu tali, bambu kasap, bambu gombong, bambu hitam, bambu ampel dan bambu betung. 


Bambu juga sangat berkaitan dengan masyarakat, hal itu terlihat dengan perkakas rumah tangga yang terbuat dari bambu, seperti aseupan, nyiru dan ayakan. Masyarakat juga sering memanfaatkan bambu menjadi pagar halaman rumah. 


Ditangan Aceng (40) bambu bisa di sulap menjadi berbagai kerajinan yang bernilai ekonomis seperti di buat jadi kursi, meja, amben, lukisan ukir bermotif, lampu hias dinding dan lain-lain.


Aceng membandrol harga kursi dan meja dengan kisaran 200.000 sampai dengan 1.000.000, sedangkan untuk lukisan motif ukir dia bandrol dengan harga 120.000 sampai 200.000 dan lampu hias dinding dia bandrol dengan harga 100.000 sampai 150.000.


"Harga tersebut sesuai dengan tingkat kerumitan dan kesulitan dalam membuat kerajinan tersebut, semakin rumit dan sulit maka harganya akan semakin mahal", ungkap Aceng kepada beritapembaruan.id Jumat (22/10/21).


Aceng menambahkan, dirinya merasa kesulitan karena alat-alat yang dimilikinya belum memadai, sehingga untuk membuat satu kerajinan dia membutuhkan waktu sampai satu minggu. 


"Alhamdulillah dari kerajinan yang saya buat ini bisa menjadi sumber ekonomi keluarga, apalagi saya kan baru kena PHK, jadi kerajinan bambu ini akan saya tekuni terus, mudah-mudahan bisa berkembang dan bisa menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar," pungkas Aceng.(smn)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kreativitas Ditekuni, Warga Tegalwaru Hasilkan Rupiah

Terkini

Topik Populer

Iklan