Iklan

Iklan

Pemkab Tapin Gandeng BPN Bakal Sertifikasi Lokasi Khusus Budidaya Cabai Hiyung

BERITA PEMBARUAN
10 Oktober 2021, 20:47 WIB Last Updated 2021-10-10T13:47:45Z
Gubernur Kalsel Paman Birin bersama Bupati Tapin saat kunjungi Panen Raya Cabai Hiyung di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Sabtu (9/10/21)(foto:ron)


RANTAU- Guna menjaga keberlangsungan Produk Pertanian Unggulan di Tapin yakni Cabai Rawit Hiyung yang terkenal dengan 17 kali lipat pedasnya dari cabai rawit lainnya yang ada di Nusantara, Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Pertanian dan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tapin akan mensertifikasi lokasi khusus budidaya cabai Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin untuk menjadi "Lahan Lenstari Pertanian".


Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Tapin Wagimin S.P., sesaat usai Panen Raya Cabai Rawit Hiyung bersama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Bupati Tapin HM Arifin Arpan di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin Kalsel, Sabtu (9/10/21).


"Ada seluas 450 hektar di Desa Hiyung yang menjadi lahan pertanian atau lokasi budidaya cabai rawit hiyung di Kabupaten Tapin ini," terangnya.


Kepala Dinas Pertanian Tapin menyampaikan sebagai upaya mempertahankan lahan pertanian yang khusus di tanami komoditas cabai rawit hiyung, pihaknya bersama BPN Tapin mulai bergerak untuk melakukan sertifikasi lahan tersebut.


Wagimin mengaku, bahwa hasil pengamatannya kadar kepedasan dari komoditas Cabai Rawit Hiyung akan berkurang apabila ditanam di tempat lain selain di Desa Hiyung itu sendiri.


"Apabila ditanam ditempat lain cabai rawit hiyung itu bisa tumbuh dan berbuah, namun kami tidak berani menjamin tingkat kualitas kepedasannya itu," tandasnya.


Adapun berdasarkan data Dinas Pertanian Bidang Holtikultura Kabupaten Tapin, musim tanam April sampai Agustus 2021, luas tanam cabai rawit hiyung seluas 186 Hektar yang tersebar di dua desa yakni Sungai Rutas Kecamatan CLS 51 hektar dan Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah 135 hektar.


Sedangkan luas tanaman yang sedang di panen sebanyak 75 hektar dengan hasil produksi panen sementara, sebanyak 863 kuintal dan masa panen masih akan terus berlangsung diperkirakan sampai bulan Desember 2021.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Tapin Gandeng BPN Bakal Sertifikasi Lokasi Khusus Budidaya Cabai Hiyung

Terkini

Topik Populer

Iklan