Iklan

Iklan

Patut Dicontoh, Warga Pro Aktif Bayar Pajak Bumi Bangunan di Desa Kutamaneuh

BERITA PEMBARUAN
03 Agustus 2022, 21:49 WIB Last Updated 2022-08-03T14:49:55Z
H.Jangkung seusai membayar PBB di Kantor Desa Kutamaneuh Kecamatan Tegalwaru, Rabu 3 Agustus 2022.(foto:ade)


KARAWANG - Ketaatan H. Suwandi Ligar warga Desa Kutamaneuh Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang dalam membayar pajak mendapatkan pujian dari aparat desa setempat.


Pasalnya, H. Suwandi atau sering disapa H. Jangkung membayar kewajibannya yaitu Pajak Bumi dan Bangunan sebelum petugas melakukan penagihan. 


Hal tersebut sangat diapresiasi oleh petugas PBB Desa Kutamaneuh Sata Wijaya atau lebih dikenal dengan panggilan Otoy.


Dari penuturan Otoy, H. Jangkung mampir ke Kantor Desa Kutamaneuh selepas menjual hasil kebunnya yang berupa batangan bambu.


"Beliau (H. Jangkung, red) memiliki dua bidang tanah, berupa kebun dan sawah yang berlokasi di Gunung Leutik Desa Kutamaneuh. H. Jangkung sendiri merupakan warga Kampung Baregbeg Desa Wanasari Kecamatan Telukjambe Barat. Lokasi kebun dengan rumahnya cukup jauh sekira 25 Km," papar Otoy, Rabu 3 Agustus 2022 di ruang kerjanya.


Lanjut Otoy, H. Jangkung mungkin bisa menjadi contoh dan patut diacungi jempol  dalam memenuhi kewajibannya sebagai warga negara yang baik.


Otoy menjelaskan, PBB H. Jangkung senilai Rp. 115.215 dan Rp 391.327, semuanya dibayar lunas dan diterima langsung olehnya. Biasanya, Otoy jemput bola ke rumahnya untuk menagih sekalian silaturahmi, dan ketika ke sana dirinya mengaku sering dijamu makan.


"Sebanyak 3386 objek pajak SPPT yang menjadi kewajiban kami, dengan nilai Pagu Ketetapan/Target PBB untuk tahun 2022 senilai Rp 505.742.159,- terdiri dari 45% milik perusahaan dan sisanya milik warga. Alhamdulillah sekira 80% dapat tercapai di tahun yang lalu, semoga di tahun ini dapat melampaui capaian tahun kemarin," terangnya. (Ade)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Patut Dicontoh, Warga Pro Aktif Bayar Pajak Bumi Bangunan di Desa Kutamaneuh

Terkini

Topik Populer

Iklan