Iklan

Iklan

Bupati Tapin Hadiri Rakor Kepala Daerah se-Indonesia Bersama Presiden RI

BERITA PEMBARUAN
29 September 2022, 22:43 WIB Last Updated 2022-09-30T08:44:47Z
Bupati Tapin HM.Arifin Arpan saat hadiri Rakor bersama Kepala Daerah se-Indonesia bersama Presiden RI Joko Widodo di JCC Jakarta, Kamis 29 September 2022.(foto:ist)


RANTAU - Bupati Tapin HM Arifin Arpan bersama dengan Kepala Daerah se -Indonesia hadiri Rapat Koordinasi bersama dengan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (29/09/22).


Dalam Rakor kali ini dibahas tiga hal yakni Pengendalian Inflasi Daerah, Percepatan penghapusan kemiskinan Ekstrem, dan tindak lanjut aksi afirmasi bangga buatan Indonesia. 


Dalam arahannya Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan meminta jajarannya untuk kerja bersama dalam mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem di tanah air. Pemerintah menargetkan kemiskinan nol persen pada tahun 2024.


Tidak hanya itu, untuk pemulihan ekonomi pasca Covid-19 serta penanganan inflasi di daerah. Presiden juga meminta untuk mempercepat realisasi komitmen belanja produk dalam negeri


"Jangan sampai, sekali lagi, dalam posisi ekonomi yang tidak mudah ini, APBN, APBD yang uangnya dikumpulkan dari pajak, dari bea cukai, dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dari dividen BUMN, kumpul, kemudian ditransfer ke daerah tapi belinya barang-barang impor,” tegas Presiden.


Presiden pun meminta para kepala daerah untuk membina pelaku UMKM dan koperasi yang ada di daerah masing-masing sehingga semakin banyak yang masuk ke dalam e-katalog.


Sementara itu, Bupati Tapin HM Arifin Arpan seusai menghadiri rakor bersama presiden mengatakan bahwa untuk penanganan Inflasi Pemerintah Kabupaten Tapin telah menganggarkan APBD sebesar 9,6 miliar rupiah. 


"Saat ini Pemkab. Tapin telah menganggarkan 9.6 miliar. Yang terdiri dari bantuan sosial 3 miliar, penciptaan lapangan kerja 5.8 miliar, Subsidi transportasi 125 Juta, dan perlindungan sosial lainnya 621 juta," jelasnya.


Nantinya Pemkab Tapin juga akan menggelar Operasi Pasar, program pangan bersubsidi kepada masyarakat tertentu. Dan terbaru saat ini Tapin telah bekerjasama dengan Kota Pelangkaraya untuk ketahanan pangan. 


Dijelaskan Arifin Arpan, Kabupaten Tapin telah berupaya memberdayakan para pengrajin asal Tapin untuk menyediakan berbagai kebutuhan untuk daerah, seperti kain sasirangan yang digunakan ASN bahkan siswa sekolah. 


Ditambahkan Bupati juga, saat ini Kabupaten Tapin telah bersiap untuk menjual produk - produk asal Kabupaten Tapin secara online (daring), yang mana masyarakat yang ingin membeli dapat langsung mengunjungi https://dagangan.tapinkab.go.id/.


Melalui program perluasan tenaga kerja juga nantinya, kita akan mencoba menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Tapin, karena rata - rata masyarakat kurang mampu terkendala dengan pekerjaannya.


"Melalui Balai Latihan Kerja akan kita berdayakan masyarakat kita agar memiliki kemampuan. Baik itu membuka usaha sendiri maupun ikut orang lain," ungkapnya.(rls/ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Tapin Hadiri Rakor Kepala Daerah se-Indonesia Bersama Presiden RI

Terkini

Topik Populer

Iklan