Iklan

Iklan

Pemerataan Vaksinasi, BIN Daerah Kalsel Sasar Masyarakat Pedalaman

BERITA PEMBARUAN
13 September 2022, 19:50 WIB Last Updated 2022-09-13T12:50:31Z
Personel Binda Kalsel sasar warga pedalaman untuk divaksinasi, Selasa 13 September 2022.(foto:ist)


BANJARMASIN - Guna memberikan pemerataan pelayanan Vaksinasi Covid-19 pada masyarakat pedalaman, Binda Kalsel kembali melaksanakan Kegiatan Vaksinasi 4 T (Terluar, Terdalam, Terpencil dan Terpelosok), Selasa 13 September 2022.


Badan Intelijen Negara Daerah ( BINDa) Kalsel kali ini bersama Puskesmas Sungai Tabuk dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar kegiatan vaksinasi di Desa Lok Baintan Sungai Tandipah, Kec. Sungai Tabuk.


Informasi,kegiatan vaksin dibuka di halaman rumah kepala Puskesmas Sei Tabuk tepatnya Desa Lok Baintan di Sungai Martapura, Vaksinasi Covid-19 melayani Dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 untuk masyarakat sekitar desa Lok Baintan pinggiran sungai Martapura. 


Diketahui,untuk menuju lokasi vaksinasi tersebut tim Kesehatan menggunakan jalur sungai, dengan naik perahu klotok dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dari Desa Sungai Lulut sampai ke lokasi Desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kab. Banjar. 


Kepala BIN Daerah Kalsel mengatakan, sasaran Vaksinasi Covid-19 adalah ibu-ibu pedagang wisata pasar apung Lok Baintan, sebagian dari pedagang pasar apung Lok Baintan sulit untuk  mengakses fasilitas kesehatan karena jarak yang cukup jauh ke Puskesmas, untuk itu vaksinasi dilakukan di atas perahu apung di tengah aliran sungai Martapura. 


"Sementara aktivitas sosial masyarakat Desa Lok Baintan kata Taufiqurrahman, ialah memanfaatkan hasil alam dan berdagang, pada pagi dan siang hari mereka disibukkan dengan aktivitas ekonomi berdagang. Untuk itu Binda Kalsel bersama Dinkes Kabupaten Banjar berinisiatif menjemput bola hingga ke lokasi pemukiman desa, agar semua warga mendapatkan pelayanan vaksinasi yang merata," jelasnya.


Lanjutnya, selain memberikan pelayanan vaksinasi, Binda Kalsel juga menyediakan paket sembako bagi warga yang ikut dalam kegiatan vaksinasi, pemberian sembako digunakan sebagai stimulus untuk menarik minat masyarakat desa untuk ikut Vaksin Covid-19.


"Sembako yang disiapkan ada 300 paket, di tengah situasi penyesuaian harga kebutuhan yang meningkat, diharapkan sembako dapat membantu meringankan kesulitan masyarakat," ujarnya. 


Brigjen Pol Heri Armanto, berharap kegiatan vaksinasi Covid-19 menjangkau masyarakat pedalaman Desa Lok Baintan bisa terus dilakukan. Masyarakat desa sekitar yang aktivitasnya sebagai pedagang di Pasar Apung sangat antusias ikut vaksinasi ditambah ada pembagian sembako dari pemerintah. 


Sementara Camat Lok Baintan, dengan adanya pembagian sembako pada kegiatan vaksinasi, minat warga meningkat karena kesadaran warga desa masih rendah dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19. 


Ditempat yang sama, Kepala Puskesmas Sungai Tabuk 2 Yusdie menyampaikan terimakasih telah difasilitasi untuk penyelenggaraan kegiatan vaksinasi Covid-19 di pelosok desa pinggir Sungai Lok Baintan.(rks/ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemerataan Vaksinasi, BIN Daerah Kalsel Sasar Masyarakat Pedalaman

Terkini

Topik Populer

Iklan