Iklan

Iklan

Babinsa Siap Siaga Laksanakan Pengamanan di Lokasi Bencana Banjir

BERITA PEMBARUAN
04 November 2022, 22:22 WIB Last Updated 2022-11-04T15:22:16Z
Babinsa Koramil 1010-04/Binuang Serda A.Mubasir saat siaga banjir di permukiman penduduk Kecamatan Binuang, Jumat 4 November 2022.(foto:ist)


RANTAU - Akibat curah hujan cukup tinggi pada Jumat (4/11/22) mulai sekira pukul 12.00 sampai pukul 17.00 WITA, sehingga debit air sungai meluap ke jalan kampung dan pemukiman warga di sebagian wilayah Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin Kalsel. 


Babinsa Koramil 1010-04/Binuang, Serda A Mubasir mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait dan masyarakat serta relawan melaksanakan siaga pengamanan di salah satu lokasi pemukiman warga yang terdampak luapan air sungai, tepatnya di Kelurahan Raya Belanti Kecamatan Binuang. 


Menurut Serda A. Mubasir, akibat curah hujan cukup tinggi sejak tengah hari di beberapa wilayah mulai RT 01 sampai 07 di Kelurahan Raya Belanti terkena dampak luapan air sungai sehingga jalan kampung dan pemukiman warga terendam air.


"Diperkirakan air sungai meluap mulai pukul 18.30 WITA dan ketinggian air sekitar 30 cm sehingga masuk merendam sebagian rumah warga," ujarnya.


Sementara Danramil 1010-04/Binuang Kapten Inf. Firman A.S saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan Babinsa untuk melaksanakan pengamanan siap siaga bencana banjir di wilayahnya.


Dikatakan Kapten Firman, di Kecamatan Binuang terdapat beberapa titik perkampungan yang rawan terdampak luapan air sungai ketika curah hujan cukup tinggi dengan waktu lama. 


"Ada beberapa titik perkampungan yang rawan terdampak luapan air sungai, karena pemukimannya dekat dengan aliran sungai dan posisinya dibawah," jelasnya. 


Ketika di atas hujan deras kata Kapten Firman, lalu sungai tidak mampu menampung aliran air sehingga biasanya meluap dan menggenangi jalan atau pemukiman warga. 


"Kalau hujan sudah reda biasanya tidak lama air surut kembali. Namun demikian kita tetap waspada siap siaga memantau lokasi - lokasi rawan banjir ini," jelasnya.


Lebih lanjut Firman mengatakan, pihaknya melakukan langkah-langkah pemantauan dan mendatangi lokasi banjir serta melakukan pendataan dan koordinasi dengan instansi terkait. 


"Untuk kejadian saat ini alhamdulillah tidak ada korban jiwa ataupun luka. Namun untuk kerugian materil masih dalam proses pendataan dan kini anggota membantu membersihkan rumah - rumah warga yang terdampak serta melaporkan ke komando atas," tuturnya.(rzk/ron).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Babinsa Siap Siaga Laksanakan Pengamanan di Lokasi Bencana Banjir

Terkini

Topik Populer

Iklan