Iklan

Iklan

Perayaan Natal 2022 di Tanah Para Datu Tapin Berlangsung Aman dan Kondusif

BERITA PEMBARUAN
25 Desember 2022, 22:24 WIB Last Updated 2022-12-25T16:24:41Z
Aparat gabungan berjaga di salah satu Gereja saat perayaan Natal 2022 untuk memberikan keamanan dan kenyamanan umat Nasrani saat beribadah, Minggu 25 Desember 2022.(foto:ist)


RANTAU - Perayaan Natal 2022 di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan berlangsung aman dan kondusif. Seluruh umat Nasrani meski minoritas berada di daerah yang mayoritas warganya beragama Islam, namun mereka bisa merayakannya dengan penuh suka cita.


Seperti halnya yang dikatakan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Tapin, Filutman perwakilan Nasrani mengatakan, sejauh ini kerukunan masyarakat antar umat beragama di Kabupaten Tapin Kalsel berlangsung harmonis.


"Selama ini meski kami (Umat Nasrani) minoritas di Tapin yang notabene daerah yang mayoritas warganya beragama muslim dan terkenal religius, namun kami bisa hidup harmonis dengan masyarakat lainnya," ujarnya Minggu 25 Desember 2022.


Salah satunya kata Filutman, setiap perayaan hari besar agama kami (nasrani) seperti Natal saat ini dan tahun - tahun sebelumnya, bisa dilaksanakan dengan lancar, aman dan kondusif tanpa ada gangguan.


"Tentu hal itu karena toleransi dari masyarakatnya dan karena pemerintah daerah serta Forkopimda selalu hadir berada di tengah warga tanpa membedakan asal - usul kesukuan atau agama," sebutnya.


Dikatakan Filutman, sebagai perwakilan umat Nasrani, tidak putus - putus mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari pihak keamanan TNI, Polri, Satpol PP, Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan pemerintah daerah tapin sehingga perayaan Natal 23 - 25 Desember 2022 ini bisa berjalan lancar, aman serta kondusif.


"Saya sangat bangga dengan masyarakat Kabupaten Tapin, terbukti bahwa toleransinya sangat tinggi dan baik antar umat beragama serta sama-sama menjaga adanya perbedaan tanpa membedakan ras, suku dan agama," ucapnya.


Sementara Kapolres Tapin AKBP Ernesto Saiser SIK MH melalui Kabag Ops Kompol Faisal Amri Nasution menyampaikan, bahwa perayaan Natal 2022 di Kabupaten Tapin secara umum berlangsung dengan aman, lancar dan kondusif.


Diketahui, sebanyak 270 personil gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Orari dan Pramuka diterjunkan untuk mengamankan perayaan Natal 2022 dan malam tahun baru 2023 (Nataru).


Selain itu Polres Tapin mendirikan tiga Pos Pengamanan di Kecamatan Binuang, Lokpaikat dan Candi Laras Selatan (CLS) serta satu Pos Pelayanan di Bundaran Dulang Kota Rantau yang menyediakan tempat istirahat, makan dan minum serta tambal ban gratis bagi para pengguna jalan yang membutuhkan.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perayaan Natal 2022 di Tanah Para Datu Tapin Berlangsung Aman dan Kondusif

Terkini

Topik Populer

Iklan