Iklan

Iklan

Warga Keluhkan Pemadaman Listrik Tanpa Pemberitahuan, Ini Kata PLN

BERITA PEMBARUAN
10 Maret 2023, 22:19 WIB Last Updated 2023-03-10T16:29:11Z
Ilustrasi 


RANTAU - Masyarakat Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan keluhkan pelayanan PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) Persero yang sering melakukan pemadaman listrik tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


"Ada kendala apa ya setiap hujan, listrik di wilayah Lokpaikat selalu padam dan tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu," ujar salah satu warga Kecamatan Lokpaikat, Mahdianoor Jumat (10/3/23) malam.


Saat dikonfirmasi, Manager ULP PLN Rantau Agung Darmawan menyampaikan, bahwa untuk gangguan yang sifatnya bukan pekerjaan susah untuk menginformasikan terlebih dahulu kecuali memang adanya pekerjaan terencana kita pastikan minimal H min 1 sudah menyebarkan informasi pekerjaan yang membutuhkan listrik padam.


"Namun demikian petugas PLN di lapangan saat ini masih terus mobile untuk melakukan penyisiran di titik mana penyebab gangguan hingga listrik padam," terangnya.


Sementara Manager UPT PLN Kalselteng Irvan Nur Pratama saat dikonfirmasi beritapembaruan.id mengatakan, salah satu penyebab mati lampu itu karena adanya pohon didekat jaringan kelistrikan PLN.


"Oleh sebab itu kami dari PLN memohon kepada masyarakat agar memahami dan tidak menghalang-halangi ketika ada petugas dari kita yang akan melakukan pembersihan atau pengamanan di area kelistrikan baik dekat konduktor maupun kawat PLN," pintanya.


Dikatakannya, dengan adanya pohon disekitar transmisi selain akan mengganggu kelistrikan juga berpotensi menyebabkan bahaya apabila ada orang didekat pohon tersebut.


"Apalagi saat musim hujan di daerah yang masih banyak terdapat pohon di sekitar jaringan listrik PLN salah satunya di Tapin, potensi gangguan kelistrikan pasti tinggi karena akan lebih cepat penyaluran arus listrik melalui udara ke pohon itu," jelasnya.


Irvan menuturkan, berdasarkan Permen nomor 13 tahun 2021 pihak PLN berhak melakukan eksekusi penebangan dan pengamanan pohon disekitar jaringan kelistrikan tanpa adanya dana ganti rugi.


Jadi kata Irvan, selama di area sekitar jaringan kelistrikan PLN ini belum steril salah satunya dari pohon, tentu sistem kelistrikan akan terganggu dan gangguan kelistrikan seperti pemadaman akan sering terjadi.


"Yang kita khawatirkan selain akan sering terjadi gangguan kelistrikan juga menyebabkan adanya korban karena tersengat aliran listrik akibat berada disekitar pohon yang dekat dengan jaringan listrik PLN ini," ujarnya.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Keluhkan Pemadaman Listrik Tanpa Pemberitahuan, Ini Kata PLN

Terkini

Topik Populer

Iklan