Iklan

Iklan

Kali Kedua, Pupuk Kujang Cikampek Raih Penghargaan Proper Emas Kategori Lingkungan Hidup

BERITA PEMBARUAN
23 Desember 2023, 12:42 WIB Last Updated 2023-12-23T05:42:37Z
PT. Pupuk Kujang Cikampek saat menerima penghargaan Proper Emas Katagori Lingkungan Hidup.(foto: ist)


KARAWANG - Pupuk Kujang Cikampek meraih penghargaan Proper Emas kategori Lingkungan Hidup untuk yang kedua kalinya dalam dua tahun berturut-turut.


Penghargaan ini diterima oleh Gusrizal, Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia, mewakili seluruh anak usaha PIHC, termasuk Pupuk Kujang, dan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Rabu, 20 Desember 2023.


Maryono, Direktur Utama Pupuk Kujang, menyatakan bahwa penghargaan ini adalah bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap berbagai upaya Pupuk Kujang dalam menjalankan praktik bisnis berkelanjutan. 


"Kami terus menerapkan prinsip ekonomi hijau dan sirkular dalam setiap usaha. Pupuk Kujang tidak hanya fokus pada pencapaian profit, tapi juga bertanggung jawab pada lingkungan, masyarakat, dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik," kata Maryono.


Proper Emas adalah penghargaan tertinggi bagi perusahaan yang terbukti menerapkan sistem manajemen lingkungan dan sosial yang baik. Pupuk Kujang menonjol dalam aspek community development, efisiensi energi, dan penurunan emisi. Dalam aspek energi, Pupuk Kujang berhasil menurunkan absolut efisiensi energi sebanyak 1.065.550 GJ dan menghemat energi serta material, menurunkan efek gas rumah kaca sebanyak 59.832,76 ton CO2eq.


Selain itu, Pupuk Kujang dinilai berhasil membuat inovasi sosial yang memberdayakan masyarakat. Salah satu contohnya adalah program Kampung Nanasku di Desa Sarireja, Kabupaten Subang, yang menjadi pusat edukasi ilmu nanas, bahkan secara digital. 


Sekretaris Perusahaan Pupuk Kujang, Ade Cahya Kurniawan, menjelaskan  program ini adalah lanjutan dari pendampingan petani nanas selama lima tahun, membantu mereka berkembang pesat dan memberdayakan masyarakat setempat.


Pada event yang sama, Pupuk Kujang meraih juara 3 video Proper terbaik, mengangkat sudut pandang cerita dari masyarakat yang dikemas dengan ringan namun memberikan pesan yang mudah diterima oleh masyarakat.


"Saya diyakinkan bahwa program pengabdian masyarakat yang dijalankan Pupuk Kujang telah memberikan manfaat kepada masyarakat dan program ini mudah untuk direplikasi oleh masyarakat," ujar Sri Parwati Murwani Budi Susanti, Direktur Pengendalian Kerusakan Gambut KLHK.


Pupuk Kujang terus berkomitmen menerapkan tata kelola lingkungan dan melibatkan masyarakat dalam setiap aktivitas bisnis perusahaan.(rls)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kali Kedua, Pupuk Kujang Cikampek Raih Penghargaan Proper Emas Kategori Lingkungan Hidup

Terkini

Topik Populer

Iklan