Iklan

Iklan

Disdukcapil Kabupaten Karawang Terus Ajak Masyarakat Membuat Akta Catatan Sipil

BERITA PEMBARUAN
27 Januari 2024, 10:59 WIB Last Updated 2024-01-27T03:59:43Z
Kabid Catpil Karawang Abdul Madjid (foto: ist)


KARAWANG - Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang terus mengimbau masyarakat untuk membuat akta catatan sipil. 


Kepala Bidang Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang, Abdul Madjid, S.H., M.S.I., menekankan bahwa akta catatan sipil mencatat peristiwa penting dalam keluarga seperti perkawinan, kelahiran, kematian, pengakuan dan pengesahan anak, pengangkatan anak, serta perceraian.


Abdul Madjid menjelaskan bahwa akta catatan sipil memiliki manfaat sebagai alat bukti otentik yang kuat atas peristiwa yang terjadi, serta membantu pemerintah dalam bidang kependudukan. 


Pelayanan pencatatan sipil di Dinas Kependudukan Kabupaten Karawang mencakup akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta perceraian (khusus untuk penduduk non-Islam), akta pengakuan anak, dan pengangkatan anak.


Yang menarik, biaya pengurusan akta catatan sipil di Kabupaten Karawang tidak dipungut alias gratis. Hingga Desember 2023, capaian Disdukcapil Karawang dalam layanan akta catatan sipil mencatat 53.902 akta kelahiran, 13.415 akta kematian, 436 akta perkawinan, dan 4 catatan perceraian. 


Masyarakat diharapkan aktif mengikuti imbauan ini untuk memastikan kepemilikan akta catatan sipil sebagai langkah yang mendukung administrasi kependudukan.(joe)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Disdukcapil Kabupaten Karawang Terus Ajak Masyarakat Membuat Akta Catatan Sipil

Terkini

Topik Populer

Iklan