Iklan

Iklan

Warga Ancam Bakal Demo Kantor Bupati, Tolak Perluasan TPAS Jalupang

BERITA PEMBARUAN
21 Januari 2024, 20:28 WIB Last Updated 2024-01-21T13:28:43Z
Warga Desa Wancimekar usai konsolidasi tolak perluasan TPAS Jalupang, Sabtu 20 Januari 2024 malam.(foto: ist)


KARAWANG - Warga Desa Wancimekar, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menolak rencana perluasan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Jalupang. 


Mereka beralasan, perluasan TPAS tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat.


Ketua Gerakan Masyarakat Peduli Desa Wancimekar, Solehudin, mengatakan, perluasan TPAS Jalupang akan membuat polusi udara dan air di Desa Wancimekar semakin parah. Hal ini karena TPAS Jalupang sudah beroperasi sejak puluhan tahun lalu dan tidak memiliki pengelolaan yang baik.


"Sudah bertahun-tahun masyarakat Wancimekar terdampak polusi yang berbahaya bagi kesehatannya," kata Solehudin kepada wartawan, Sabtu (20/1/2024).


Solehudin menambahkan, Pemerintah Kabupaten Karawang tidak pernah melakukan sosialisasi rencana perluasan TPAS Jalupang kepada masyarakat. Hal ini membuat masyarakat merasa dirugikan dan tidak memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri.


"Masyarakat Wancimekar tidak tahu mengenai persoalan ini, makanya gerakan masyarakat peduli Desa Wancimekar ini mengundang kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk menyampaikan pesan bahwa hari ini, ada rencana Pemerintah Kabupaten Karawang melakukan perluasan. Dan dari BPD sudah melakukan beberapa langkah dengan tegas karena dampaknya ini sudah luar biasa," ungkapnya.


Untuk menolak rencana perluasan TPAS Jalupang, warga Wancimekar berencana menggelar aksi demonstrasi ke kantor Pemerintah Kabupaten Karawang. Aksi tersebut akan digelar dalam waktu dekat.


Masih menurut Solehudin, tidak semua masyarakat tau tentang rencana perluasan ini. Seharusnya pemerintahan yang jadi stabilisator lembaga bisa mensejahterakan rakyatnya, ini terbalik malah memberikan kesengsaraan kepada rakyatnya. 


Maka dengan ini kita sepakat menolak kepada pemerintah Kabupaten Karawang untuk melakukan perluasan TPAS Jalupang.


"Dan kami akan melakukan aksi ke pemda Karawang dalam waktu dekat ini. Sekarang kami sedang konsolidasikan agar masyarakat Wancimekar tau semua bahwa wancimekar sedang tidak baik-baik saja," tegasnya.(aip/dhan)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Ancam Bakal Demo Kantor Bupati, Tolak Perluasan TPAS Jalupang

Terkini

Topik Populer

Iklan