Iklan

Iklan

Deklarasi Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Sipil Karawang, Jaga Demokrasi

BERITA PEMBARUAN
13 Februari 2024, 10:35 WIB Last Updated 2024-02-13T03:35:20Z
Untuk menjaga Demokrasi dan Pemilu Luber dan Jurdil Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Sipil Karawang gelar Deklarasi dan Pernyataan Sikap di Karawang, Senin 12 Februari 2024.(foto: ist)


KARAWANG - Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Sipil Karawang menggelar deklarasi dan Pernyataan Sikap untuk menjaga dan mengawal demokrasi, di Kafe San'k Karangpawitan Karawang, Senin 12 Februari 2024.


Kegiatan ini dihadiri seluruh elemen masyarakat dan mahasiswa, dengan mengusung tema 'Karawang Jaga Demokrasi'.


Koordinator aliansi dan mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang, Tri Prasetio Putra Mumpuni, menjelaskan bahwa pernyataan sikap ini merupakan respons terhadap kekhawatiran bersama terkait arah demokrasi yang semakin tidak jelas. Gerakan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat Karawang dan ikut mengawal pemilu 2024.


"Pernyataan sikap ini adalah bentuk keresahan atas penurunan indeks demokrasi. Kami hadir sebagai antitesis untuk memastikan pemilu dan demokrasi berjalan sesuai jalurnya, menekan aparat negara agar tetap netral, dan berkomitmen mengawal hingga tuntas," ungkap Mumpuni.


Pesan serupa juga disampaikan oleh Yoga Muhammad Ilham Samudra, Presiden Mahasiswa Unsika 2024. Ia menekankan pentingnya kecerdasan dalam memilih pemimpin, menolak money politik, dan menghindari arus politik yang dapat merusak persatuan masyarakat.


Dalam deklarasi, Aliansi Mahasiswa Karawang dan elemen masyarakat menyatakan:


1. Meminta agar pemerintah, baik pusat maupun daerah, TNI, dan Polri menjaga netralitas dalam menghadapi pemilu.


2. Menyerukan kepada kepala pemerintahan Republik Indonesia untuk menjaga nilai-nilai demokrasi dan memastikan pemilu damai dan berintegritas.


3. Meminta agar penyelenggara pemilu, terutama KPU dan BAWASLU, tetap menjaga integritas dan netralitas sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.


4. Mengimbau agar pelaksanaan pemilu 2024 menjadi momentum menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, berdasarkan pemilu yang langsung, umum, bersih, jujur, dan adil.


Deklarasi ditutup dengan seruan 'Karawang Jaga Demokrasi!' dan semangat 'Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat!' sebagai komitmen bersama untuk mengawal proses demokrasi hingga keberhasilannya.(try)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Deklarasi Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Sipil Karawang, Jaga Demokrasi

Terkini

Topik Populer

Iklan