Iklan

Iklan

DPR Setujui Naturalisasi Pesepakbola Asal Belanda Perkuat Timnas Indonesia

BERITA PEMBARUAN
18 Maret 2024, 12:48 WIB Last Updated 2024-03-18T07:35:33Z
Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian.(foto: dpr.go.id)


JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), melalui Komisi X dan Komisi III, telah menyetujui naturalisasi tiga pesepakbola asal Belanda, yakni Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Pae. 


Keputusan ini diambil dalam rapat yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, Wakil Ketua Umum PSSI Zainuddin Amali, Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Cahyo Rahadian Muzhar, serta pelatih timnas Indonesia, Indra Sjafrie.


Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian, yang membidangi urusan olahraga, menyatakan persetujuan naturalisasi tersebut pada pekan sebelumnya. Ia menekankan pentingnya pemerintah untuk segera mempercepat proses pengesahan masing-masing pesepakbola sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).


"Seluruh proses di DPR terkait proses naturalisasi sudah dilalui. Pimpinan DPR RI telah mengirimkan surat terkait hal tersebut kepada Pemerintah," ujar Hetifah dalam rilis yang disampaikan kepada media di Jakarta pada Senin (18/3/2024).


Surat persetujuan naturalisasi dari DPR telah dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo oleh pimpinan DPR, dan Hetifah berharap pemerintah segera memproses pengesahan Thom Haye Cs sebagai WNI.


"Diharapkan Presiden segera membuat Keputusan Presiden (Keppres) yang mengizinkan ketiga pemain untuk mengikuti proses pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia. Semoga PSSI juga bisa segera menghadirkan ketiga pemain untuk pengambilan sumpah nanti," tuturnya.


Hetifah menegaskan pentingnya proses ini mengingat pertandingan pra-kualifikasi Piala Dunia antara Timnas Indonesia dan Vietnam yang akan digelar pada tanggal 21 Maret di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Ia mengingatkan perlunya kerja sama dari semua pihak untuk memastikan semua proses berjalan lancar.


"Perlu kerja sama berbagai pihak untuk memastikan semua proses berjalan lancar. Kami juga mendorong PSSI agar cepat memproses perpindahan antar federasi sepak bola Belanda dengan PSSI supaya Timnas bisa bertanding melawan Vietnam," ucap Hetifah.


Legislator dari Fraksi Partai Golkar ini juga meminta kesabaran dari para penggemar sepak bola dalam menantikan momen yang ditunggu-tunggu ini.(ts/rdn)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPR Setujui Naturalisasi Pesepakbola Asal Belanda Perkuat Timnas Indonesia

Terkini

Topik Populer

Iklan