Iklan

Iklan

PT. PLN Berhasil Tangani Kerawanan Instalasi Listrik di Kabupaten Purwakarta

BERITA PEMBARUAN
25 Maret 2024, 12:08 WIB Last Updated 2024-03-25T05:08:06Z
PT PLN+Persero) UIT melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Karawang berhasil menangani kerawanan instalasi terhadap kehandalan pasokan listrik di Kabupaten Purwakarta,.(foto: ist)


KARAWANG - PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Tengah melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Karawang berhasil menangani kerawanan instalasi terhadap kehandalan pasokan listrik di Kabupaten Purwakarta. 


Kerawanan tersebut disebabkan oleh permasalahan konstruksi Tower 12 Cirata - Deltamas yang terpengaruh oleh pergerakan tanah di sekitar Gunung Karung, Kecamatan Maniis.


Untuk menangani permasalahan tersebut, PT PLN membangun Tower Emergency Recovery System (ERS) yang bertujuan untuk mengalihkan sementara jalur suplai listrik dari tower yang terancam longsor. Sebelumnya, tim pemeliharaan UPT Karawang telah melakukan langkah-langkah penanggulangan, seperti perkuatan pondasi tower, pemasangan cerucuk bambu, pemasangan sekur tower, dan perkuatan besi siku.


Manager UPT Karawang, Stefanus Yan Kurniawan, menjelaskan bahwa perbaikan dilakukan dengan cepat dan menyeluruh untuk memastikan pasokan listrik pada jalur tersebut tidak terganggu. 


"SUTT 150 kV Cirata-Deltamas merupakan jalur strategis dan vital karena menyuplai Kawasan Industri, termasuk diantaranya pelanggan VIP, serta beberapa obyek vital di Kabupaten Purwakarta," ujarnya, Senin 25 Maret 2024.


Tower ERS berhasil dioperasikan dalam waktu relatif singkat, kurang lebih 9 hari kerja, berkat kolaborasi antar bagian dan mitigasi risiko yang baik serta pengerahan puluhan personel PLN. Komitmen PLN untuk memberikan pasokan listrik yang tidak terputus bagi masyarakat menjadi motivasi dalam pembangunan Tower ERS ini.


General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono, menekankan pentingnya menjaga kesiapan peralatan dan keandalan pasokan listrik di sistem kelistrikan, termasuk di wilayah Purwakarta. 


"Pengoperasian Tower ERS di T.12 SUTT 150 KV Cirata - Deltamas ini dapat menjaga kehandalan pasokan tenaga listrik sehingga membantu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Pasokan listrik yang andal juga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan industri dan menggerakan roda perekonomian daerah setempat," ucap Tejo.(rilis)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PT. PLN Berhasil Tangani Kerawanan Instalasi Listrik di Kabupaten Purwakarta

Terkini

Topik Populer

Iklan