Iklan

Iklan

RH Yana Suyatna Masuk Bursa Bakal Calon Kuat Bupati Karawang 2024-2029

BERITA PEMBARUAN
22 April 2024, 23:15 WIB Last Updated 2024-04-23T05:52:55Z
RH Yana Suyatna bersama Ketua DPC PDI-P Kabupaten Karawang, Senin 22 April 2024.(foto: ist)


KARAWANG - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, nama Raden Haji (RH) Yana Suyatna menjadi sorotan di tengah warga Karawang, Jawa Barat. 


Sebagai putra daerah asli Karawang, Yana disebut-sebut merupakan calon kuat Bupati Karawang yang memiliki garis keturunan ke-11 dari mbah Raden Singaperbangsa (Adipati Kertabumi lV), Bupati Karawang pertama yang menjabat dari tahun 1633 hingga 1677.


Dalam pertemuan dengan berbagai tokoh dan beberapa alumni SMAN 1 Karawang di Brits Hotel Grand Taruma Karawang pada Senin, 22 April 2024, hadir juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karawang, Pipik Taufik Ismail.


Alumni SMAN 1 Angkatan 1985 Agus menyampaikan apresiasinya kepada alumni yang penuh dedikasi serta prestasi dalam memimpin di berbagai jabatan di Kabupaten Bekasi.


"Hari ini kami berharap PDI Perjuangan dapat menjadi kendaraan yang membawa sahabat saya Yana Suyatna meneruskan perjuangan para sesepuh Karawang yang telah berjasa dalam memimpin kabupaten ini," ucap Agus.


Menurutnya, sosok RH Yana Suyatna mengingatkan pada ketokohan Raden Adipati Singaperbangsa yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme. 


"Dengan pengalaman yang mumpuni, ilmu dan yang ada, serta segudang prestasi, saya yakin Kang Yana bisa menghantarkan Karawang ke arah yang lebih baik," terang Agus.


Sementara Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karawang, Pipik Taufik Ismail, menyambut baik usulan tersebut dan menyatakan bahwa masa pendaftaran bakal calon kepala daerah akan dibuka awal Mei 2024.


"Saya bangga begitu baca biodata Kang Yana. Ini cocok mimpin Karawang. Kami akan menyampaikan pada mekanisme internal partai. Karena kursi PDI-P di DPRD kami masih kurang dan membutuhkan koalisi dengan partai lain," tutur Kang Pipik.


Diketahui sebelumnya, RH Yana Suyatna menempati peringkat tertinggi dalam Survey 36 Top Person Bakal Calon Bupati Bekasi periode 2024-2029. Namun, atas dorongan para tokoh di Karawang, ia memilih untuk mengabdi di tanah kelahirannya dan melanjutkan perjuangan leluhurnya.


Berikut adalah riwayat singkat RH Yana Suyatna sebagai Bakal Calon Bupati Karawang periode 2024 - 2029


Mengawali karier kepemimpinan, RH Yana Suyatna memimpin Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tahun 1983 tingkat Kabupaten Karawang dan menjadi peserta Baik Sekali Putra tahun 1984 dalam Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega tingkat Provinsi Jawa Barat.


Saat menjabat Aparatur Sipil Negara (ASN), lelaki kelahiran Karawang pada 14 Desember 1965 ini meraih Prestasi Kenaikan Pangkat Luar Biasa pada tahun 2013 yang diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat dan menjadi peserta talent pool yang mendapat kategori tinggi dari pusat penilaian kompetensi ASN Badan Kepegawaian Negara pada tahun 2021.


RH Yana Suyatna juga telah menerima berbagai penghargaan, seperti Satya Lencana Wira Wicaksana tahun 2020, juara I Lomba Road Safety Partnership Action (RSPA) 2019 tingkat Nasional, dan lain-lain.


Atas prestasi yang gemilang selama menjadi ASN, Raden Yana Suyatna kembali menerima penghargaan sebagai Inovator Kompetensi dan Kenaikan Pangkat Luar Biasa ASN dari Serikat Media Siber Indonesia pada tahun 2022.(red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RH Yana Suyatna Masuk Bursa Bakal Calon Kuat Bupati Karawang 2024-2029

Terkini

Topik Populer

Iklan