Iklan

Iklan

Kapal Angkut Personel 971 Turunkan Dua Batalion TNI AD Amankan Perbatasan Papua

BERITA PEMBARUAN
11 Maret 2021, 15:50 WIB Last Updated 2021-03-11T08:50:12Z
Dua Batalyon TNI AD diturunkan untuk pengamanan perbatasan Papua


JAKARTA- Satya Wira Jala Dharma, salah satu kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Tanjung Kambani 971 melaksanakan operasi dukungan angkutan laut militer pergeseran personel dan material pasukan 2 batalion TNI AD. 


Personel ini tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Perbatasan (Pamtas) RI-Papua Nugini sektor utara tahun 2021 di Dermaga Umum Pellindo 4, Jayapura, Kamis (11/3/21).


KRI Tanjung Kambani-971 yang dikomandani Letkol Laut (P) Tri Hidayat ini, tiba di dermaga umum Pellindo 4, Jayapura dan langsung melaksanakan debarkasi.


Usai merapat di dermaga, KRI Tanjung Kambani-971 selanjutnya menurunkan personel Batalion Infantri 131 Brajasakti dan 403 Wirasada Pratista berikut material yang akan dipergunakan dalam penugasan selama 10 bulan. Para prajurit dua Batalion TNI AD dari Kodam I Bukit Barisan dan Kodam IV Diponegoro ini bertugas menjaga daerah perbatasan RI-Papua Nugini.


Menurut Komandan KRI Tanjung Kambani 971, setelah kapal perangnya sandar di dermaga milik Pellindo 4 tersebut, para prajurit dari masing-masing batalion yang jumlahnya 350 orang tersebut turun dari kapal dengan melalui protokol kesehatan oleh Dinas Kesehatan setempat berkumpul untuk selanjutnya menuju daerah operasi. 


"Kapal perang jenis Bantu Angkut Personel yang sehari-harinya berada dibawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer 1 Jakarta ini, mengangkut prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas), guna melaksanakan penugasan pengamanan perbatasan di wilayah Provinsi Papua. KRI Tanjung Kambani 971 ini sebelumnya bertolak dari dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta, dan singgah di Pelabuhan Semarang untuk embarkasi pasukan," tegas Letkol Laut (P) Tri Hidayat.


Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla disela-sela waktunya mengingatkan unsur-unsur KRI jajaran Kolinlamil yang melaksanakan operasi dukungan angkutan laut militer, untuk selalu waspada dan meningkatkan purba jaga dimana pun berada. 


“Waspada dan tingkatkan purba jaga, jaga kondisi kapal agar aman dalam tugas, jaga keamanan dan kesehatan personel. Apalagi ditengah wabah Covid-19 ini. Tetap semangat dan berdoa,” tandas Panglima Kolinlamil. (rls) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapal Angkut Personel 971 Turunkan Dua Batalion TNI AD Amankan Perbatasan Papua

Terkini

Topik Populer

Iklan