Iklan

Iklan

Peringatan Isra Mi'raj Pemkot Batam Dihadiri Wakil Gubernur Kepri

BERITA PEMBARUAN
11 Maret 2021, 18:20 WIB Last Updated 2021-03-11T11:20:15Z
Acara Peringatan Isra Mi'raj Pemkot Batam dihadiri Wakil Gubernur Kepri, Rabu (10/3/21) malam.


BATAM- Pemerintah Kota (Pemkot) Batam memperingati hari besar umat Islam Isra Mi'raj dipusatkan di halaman Masjid Agung Batam, Rabu (10/3/2021) malam. 


Dalam kegiatan tersebut, Pemkot Batam mendatangkan KH Misbahul Munir Kholil, atau Kiai Misbah.


Peringatan tersebut dihadiri langsung Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, dan tamu undangan.


Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, dalam sambutannya, berharap dengan adanya peringatan Isra Mi'raj tersebut dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dan awal perintah mendirikan shalat.


"Biar Kiai yang menyampaikan tentang itu (Isra Mi'raj) nantinya. Mudah-mudahan, dengan adanya kegiatan ini, bisa memberikan kemaslahatan untuk masyarakat Batam,” ujar Amsakar.


Dikatakan Amsakar, selain fokus pada pembangunan infrastruktur, pihaknya bersama Wali Kota Batam, tidak melupakan kebutuhan spiritual masyarakat Batam. Ia menegaskan, antara duniawi dan ukhrawi tetap seimbang sebagai implementasi Batam Dunia Madani.


"Kegiatan keagamaan, selau disambut dihadiri dengan suka cita masyarakat Batam. Doakan juga, semoga Batam di bawah pimpinan Rudi-Amsakar dikucurkan rahmat,” ujar Amsakar seraya meminta Kiai Misbah mendoakan.


Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Isra Mi'raj tingkat Kota Batam, Jefridin Hamid, melaporkan selama kegiatan berlangsung semua jemaah yang hadir menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan pihak panitia menyediakan tempat mencuci tangan.


"Untuk menghindari kerumunan, panitia menyiarkan langsung peringatan Isra Mi'raj disiarkan langsung melalui saluran YouTube Dinas Kominfo Batam,” terang Jefridin yang juga sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam.


Kemudian kata Jefridin, panitia penyelenggara kegiatan tersebut sebagai langkah awal Pemerintah Kota Batam memuliakan Nabi Muhammad SAW, serta meningkatkan ketaqwaan jemaah kepada Allah SWT.


"Dalam peringatan kali ini, panitia mendatangkan KH Misbahul Munir Kholil atau Kiai Misbah,” ucapnya.


Sementara itu, Kiai Misbah, langsung menjelaskan mengenai Isra yang merupakan perjalanan Nabi Muhammad dari Makkah menuju Palestina atau dari Masjid Haram menuju Masjid Aqsa dalam waktu yang super singkat. Kemudian perjalanan Nabi dari Masjid Aqsa menuju Sidratul Muntaha yang disebut Mi'raj.


"Perjalanan ini ditempuh dalam sepertiga malam, sangat singkat. Dan ini adalah salah satu muzijat yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW,” tutur Kiai Misbah dalam ceramahnya.


Lanjut Kiai Misbah, peristiwa Isra Mi'raj, diriwayatkan bahwa Rasulullah bertemu dan berdialog dengan sejumlah para Nabi dan Rasul. Dalam peristiwa ini pula turun perintah pertama untuk mendirikan shalat.


Nabi Muhammad ketika mendapat perintah salat diwajibkan 50 waktu dalam sehari semalam, Nabi Musa AS berpesan memohon kepada Rasulullah SAW agar meminta keringanan kepada Allah Swt, hingga tinggal 5 waktu,” jelas Kiai dalam ceramahnya.


Dalam ceramahnya berdurasi 50 menit tersebut, Kiai Misbah juga mengajak semua jemaah yang menyaksikan langsung dan menyaksikan melalui daring, dapat membantu pemerintah dalam menangani Covid-19.


"Tetap terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Ini merupakan ikhtiar dalam menangani Covid-19,” tandas Kiai diakhir ceramahnya.(Merry)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringatan Isra Mi'raj Pemkot Batam Dihadiri Wakil Gubernur Kepri

Terkini

Topik Populer

Iklan