Iklan

Iklan

Luar Biasa, Antusias Masyarakat dalam Pemilihan BPD Serentak se-Kabupaten

BERITA PEMBARUAN
04 Juni 2021, 19:02 WIB Last Updated 2021-06-04T12:08:26Z
Babinsa dan Bhabinkamtibmas pantau prokes saat pelaksanaan pemilihan BPD Serentak di Kecamatan Lokpaikat, Tapin


RANTAU- Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) secara serentak di 124 Desa dari 12 seluruh wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Tapin Kalsel digelar pada hari Senin (3/6/21) kemarin.


Camat Lokpaikat Retno Dwi Hastuti kepada beritapembaruan.id Jumat (4/6/21) mengatakan, ada 8 desa di Kecamatan Lokpaikat yang melaksanakan pemilihan BPD hari Kamis kemarin.


"Dari delapan desa tersebut, tujuh desa dilaksanakan dengan pemilihan langsung secara demokrasi. Sedangkan satu desa dilaksanakan dengan cara musyawarah mufakat," terangnya.


Lanjut Retno Dwi Hastuti, Alhamdulillah pelaksanaan pemilihan berjalan dengan lancar, jumlah anggota BPD yang sudah terpilih total keseluruhan ada 44 orang, dari 8 desa yang melaksanakan pemilihan BPD di Kecamatan Lokpaikat hari kemarin tersebut.


"Dan dari hasil rapat pleno maka akan ditetapkan Anggota BPD terpilih," tandasnya.


Camat Lokpaikat Retno Dwi berharap Anggota BPD terpilih, dimana BPD merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa setempat, berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis dapat menjalankan tugas dan sesuai fungsinya dengan baik.


"Dan dari 44 orang anggota BPD terpilih tadi, masing-masing desa ada keterwakilan perempuan," terangnya.


Lebih lanjut Retno Dwi mengatakan, perempuan juga dapat berperan dalam pembangunan dan pengambilan keputusan khususnya di desa masing-masing demi mewujudkan kemajuan desa.


"Alhamdulillah pantauan kami pada saat pelaksanaan pemilihan BPD kemarin, masyarakat sangat antusias rata-rata warga yang datang untuk memilih di tiap desa nya mencapai kurang lebih 75 persen ke atas," ungkapnya.


Sementara Danramil 1010-07/Piani - Lokpaikat Kapten Inf. Waluyo mengatakan, Anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas membantu melaksanakan pengamanan pelaksanaan pemilihan BPD di 8 desa Kecamatan Lokpaikat.


"Sehingga dapat berjalan lancar, dan disamping itu tidak kalah pentingnya Babinsa Koramil 1010-07/Piani-Lokpaikat dan Bhabinkamtibmas Polsek Lokpaikat juga bertugas memastikan terkait prokes," tandas Kapten Waluyo.


Kapten Waluyo menegaskan, kita tugaskan Babinsa untuk memantau dan memastikan berjalannya protokol kesehatan dalam pemilihan BPD baik. 


"Baik yang dilakukan pemilihan secara langsung maupun yang dilaksanakan secara musyawarah mufakat," tandas Waluyo.(kr-07/ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Luar Biasa, Antusias Masyarakat dalam Pemilihan BPD Serentak se-Kabupaten

Terkini

Topik Populer

Iklan