Iklan

Iklan

Program Revolusi Hijau Satu Juta Pohon Digelar Pemkab Tapin dan TNI

BERITA PEMBARUAN
09 Juli 2021, 16:42 WIB Last Updated 2021-07-09T09:50:40Z
Bupati Tapin HM Arifin Arpan saat melakukan penanaman pohon dalam Program Revolusi Hijau Satu Juta Pohon, di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah, Jumat (9/7/21)


RANTAU- Program Revolusi Hijau penanaman satu juta pohon bersama TNI di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan digelar di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah, Jumat (9/7/21).


Sebagai wujud dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tapin atas Pemerintah Provinsi yang sedang giat-giatnya melaksanakan Program Revolusi Hijau penanaman satu juta pohon se-Kalimantan Selatan, Pemkab Tapin bekerjasama dengan TNI Kodim 1010/Tapin melaksanakan penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah.


Pantauan beritapembaruan.id selain melakukan penanaman pohon Pemkab Tapin juga melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin menyerahkan roda tiga kendaraan persampahan dan penebaran bibit ikan lokal (Papuyu) yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Tapin.


Bupati Tapin HM Arifin Arpan kepada awak media mengatakan, sesuai instruksi Gubernur Kalsel, Korem 101/Antasari dan Polda Kalsel untuk menanam 1 juta pohon di 13 kabupten kota se-Kalimantan Selatan termasuk Kabupaten Tapin.


"Kami tindaklanjuti dan melaksanakannya dengan menanam pohon yang telah diberikan bersama Forkompinda dan lokasi penanamannya di Desa Hiyung sentra Kecamatan Tapin Tengah yang juga merupakan sentra cabai hiyung unggulan hasil Pertanian Kabupaten Tapin," terangnya.


HM Arifin Arpan berharap pohon yang ditanam sekarang bisa tumbuh bagus sehingga alam kita bisa hijau dan hasilnya sesuai yang kita harapkan.


"Meskipun tidak ada instruksi setiap tahunnya Pemkab Tapin melalui Dinas Lingkungan Hidup akan selalu menanam pohon untuk penghijauan dan pohon yang ditanam tentunya yang bermanfaat nantinya bagi masyarakat," imbuhnya.


Menurut Arifin Arpan dipilihnya lokasi bantaran sungai untuk penanaman pohon ini agar membawa banyak manfaat. Selain untuk penghijauan, juga untuk menjaga masyarakat agar tidak lagi membuat bangunan seperti rumah di bantaran sungai. Sehingga nantinya dapat mengganggu kebersihan dan keindahan sungai itu sendiri, ucapnya.


Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin H.Noordin mengatakan, kegiatan penanaman 1 juta pohon ini merupakan langkah stimulan sebagai contoh bagi masyarakat agar tetap menjaga lingkungan.


"Langkah ini tidak berhenti sampai di sini saja diharapkan masyarakat bisa menanam pohon sebagaimana yang telah kita contohkan sekarang, minimal menanam pohon disekitar rumahnya agar lingkungan dan alam kita tetap terjaga," pintanya.


Ia menambahkan selain menanam beberapa jenis pohon seperti mahoni, sengon, durian dan lainnya, Pemkab Tapin melalui Dinas Perikanan melakukan penebaran benih ikan lokal jenis Papuyu di Sungai Hiyung.


Sementara menurut Dandim 1010/Tapin melalui Pasiopter Kapten INF Zaenal Arifin mengatakan, kami mendukung langkah pemerintah Kabupaten Tapin dalam pelaksanaan penanaman 1 juta pohon dan penebaran benih ikan lokal ini.


"Kami berharap dengan langkah seperti ini lingkungan kita bisa tetap terjaga, minimal mengurangi pencemaran udara dan air sungainya bersih bebas dari sampah serta ikannya banyak yang bisa bermanfaat bagi masyarakat nantinya," terangnya.


Kapten INF Zaenal berharap semua pihak termasuk masyarakat agar lebih peduli lagi terhadap lingkungan. Sehingga bisa terhindar dari penyakit atau bencana seperti halnya banjir," pungkasnya.(ron) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Program Revolusi Hijau Satu Juta Pohon Digelar Pemkab Tapin dan TNI

Terkini

Topik Populer

Iklan