Iklan

Iklan

Paska Peletakan Batu Pertama, Bupati Tapin Tinjau Agrowisata Terpadu

BERITA PEMBARUAN
10 September 2021, 00:02 WIB Last Updated 2021-09-09T17:05:15Z
Bupati Tapin saat meninjau Lokasi Agrowisata Terpadu di Desa Bitahan Lokpaikat Kabupaten Tapin, Kamis (9/9/21)(foto:Ron)


RANTAU- Paska peletakan batu pertama pembangunan Underpass, Bupati Tapin HM Arifin Arpan bersama rombongan melanjutkan kegiatannya dengan meninjau Agrowisata Terpadu kerjasama Perusahaan (Hasnur group) dengan Pemerintah Desa Bitahan Baru dan masyarakat, di Desa Bitahan Baru, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin, Kalsel, Kamis (9/9/21).


Diketahui, Agrowisata Terpadu di Desa Bitahan Baru Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin merupakan kerjasama melalui dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT EBL, PT KPP, PT BRE, PT HRS (Hasnur group) dengan Pemerintah Desa, Karang Taruna dan Masyarakat Bitahan Baru.


Pantauan Beritapembaruan.id di lokasi Agrowisata Terpadu Bitahan Baru tersebut terdapat Perkebunan Pertanian, Peternakan, Perikanan dan dilengkapi fasilitas penunjang seperti gazebo, toilet, sarana air bersih dan lainnya. 


Bupati Tapin HM Arifin Arpan bersama rombongan terlihat berjalan kaki meski dalam cuaca yang cukup panas, melihat satu persatu tanaman dan tempat-tempat yang ada di Agrowisata Terpadu tersebut.


Sembari berjalan, sesekali HM Arifin Arpan menghampiri warga yang berada di pinggir jalan sekitaran lokasi Agrowisata, Bupati menyapa dan menanyakan tentang kesehatan warga, serta mengingatkan warga agar selalu taat menjaga protokol kesehatan.


Dalam kesempatan itu, selain meninjau Agrowisata Terpadu, Bupati Arifin Arpan secara simbolis menyerahkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) paket perlengkapan ayam sehat dari Dinas Sosial Tapin kepada Karang Taruna Mandiri Desa Bitahan Baru Kecamatan Lokpaikat.


Selain dari Dinas Sosial,secara simbolis Bupati Tapin juga menyerahkan Bantuan  Pembuatan Kebun Hidroponik dari PT Kalimantan Prima Persada (PT KPP) kepada Pemerintah Desa Bitahan Baru sebesar Rp 50 juta dan bantuan budidaya ikan dengan sistem Bioflok dari PT Hasnur Riung Sinergi (PT HRS) kepada Karang Taruna Mandiri serta bantuan program PPM dari PT Energi Batubara Lestari (PT EBL) kepada Pemerintah Desa Bitahan Baru berupa jembatan beton RT3, Parkir Pemadam dan Ambulance desa, Demplot Tanaman Ubi jalar, Bibit Ikan Nila, Kolam Tanaman Azola dan Bibit Tanaman Anggur.


Untuk mencapai suatu tujuan dalam pembangunan, harus ada kebersamaan, keterpaduan semua pihak baik antara perusahan dengan pemerintah desa, pemerintah desa dengan aparat lainnya, dan tentunya muara akhirnya demi sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat," ungkap HM Arifin Arpan.


HM Arifin Arpan apresiasi pihak perusahaan dan Pemerintah Desa Bitahan Baru yang telah membuat Agrowisata Terpadu.


"Ini salah satu contoh wisata ekonomi kreatif dan bukan tidak mungkin, kedepannya bisa mengikuti perlombaan, baik tingkat kabupaten, provinsi bahkan tingkat nasional," terangnya.


Kemudian kata HM Arifin Arpan, tinggal penataannya saja yang harus lebih ditingkatkan. Salah satunya dengan penamaan jenis pohon, penunjuk arah dan lain-lain sarana penunjang, yang akan memudahkan dan membuat nyaman bagi masyarakat yang berkunjung.


Bupati menegaskan, bahwa perlu kerjasama yang baik dan berkesinambungan antara pihak perusahaan dengan pemerintah daerah dan didukung masyarakat. 


"Sehingga pembangunan di Tapin lebih maksimal, serta perekonomian masyarakat meningkat. Final akhirnya masyarakat Tapin sejahtera lahir batin," tutupnya.(ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Paska Peletakan Batu Pertama, Bupati Tapin Tinjau Agrowisata Terpadu

Terkini

Topik Populer

Iklan