Iklan

Iklan

Bupati Hadiri Acara Gerakan Masyarakat Makan Ikan di Pendopo Galuh Bastari Rantau Baru

BERITA PEMBARUAN
27 November 2021, 22:51 WIB Last Updated 2021-11-27T15:51:36Z
Bupati Tapin HM.Arifin Arpan bersama Ketua TP.PKK Hj Ratna Elliyani di acara Gerakan Masyarakat Makan Ikan di Pendopo Galuh Bastari Rantau Baru, Rantau Tapin, Sabtu (27/11/21)(foto:ist)


RANTAU - Bupati Tapin HM Arifin Arpan hadiri acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan dan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh yang digelar TP PKK Tapin dengan Dinas Perikanan Kabupaten Tapin bertempat di Aula Pendopo Galuh Bastari Rantau Baru, Sabtu (27/11/21).


Pantauan beritapembaruan.id selain Bupati Tapin HM Arifin Arpan bersama Ketua TP. PKK Tapin Hj. Ratna Elliyani hadir juga Kepala Dinas Perikanan H. Parianata, Kepala Dinas Pendidikan Hj. Irnawati, Kepala Dinas Kesehatan Alfian Yusuf, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bastian, S.P., dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Tapin Hj. Lailian Noor.


Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk memadupadankan tekad dan niat untuk memajukan kesejahteraan Kabupaten Tapin, melalui peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan dan kecerdasan oleh para ahli gizi.


"Untuk membangun sesuatu yang besar, terlebih dulu harus dimulai dari yang kecil seperti halnya makan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, harus dimulai dari keluarga, karena keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat komponen utama, dalam penyediaan SDM yang unggul dan kompetitif, yang unggul, mampu berdaya saing dan berkarakter," terangnya.


Lanjutnya, bangsa yang mengkonsumsi ikan dalam jumlah relatif cukup, masyarakatnya jarang yang mengidap penyakit jantung (Kardiovaskular) dan mempunyai harapan hidup atau rata-rata berumur panjang, salah satu contoh masyarakat Eskimo dan Jepang.


"Makan ikan berarti terhindar dari penyakit degeneratif seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kanker dan meningkatkan kecerdasan," tutur HM Arifin Arpan.


Kemudian Arifin Arpan menambahkan, di Kabupaten Tapin berdasarkan hasil pantauannya anak-anak masa kini cenderung lebih menyukai lauk pauk berupa daging ayam dan telor, padahal membudayakan makan ikan itu suatu keharusan apalagi bagi anak-anak.


"Melalui momentum gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) ini diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa," terangnya.


Ia menekankan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) perlu secara terus menerus dilakukan guna mewujudkan generasi yang sehat, kuat dan cerdas.(ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Hadiri Acara Gerakan Masyarakat Makan Ikan di Pendopo Galuh Bastari Rantau Baru

Terkini

Topik Populer

Iklan