Iklan

Iklan

Lestarikan Budaya Bumi Ruhui Rahayu, Sekda Tapin Gelar Musik Panting Secara Rutin

BERITA PEMBARUAN
26 November 2021, 11:10 WIB Last Updated 2021-11-26T04:11:29Z
Penari Tradisional Panting kesenian khas Bumi Ruhui Rahayu


RANTAU - Guna melestarikan kesenian khas Bumi Ruhui Rahayu, Sekda Kabupaten Tapin H Masyraniansyah mengagas musik Panting tampil rutin di Sekretariat Daerah. 


Hal itu disampaikannya saat mengevaluasi persiapan para penari untuk pembukaan HUT Tapin ke 56. Dikatakannya, Tapin banyak mempunyai kesenian, salah satunya alat musik Panting dan musiknya.


"Senin depan sudah kita mulai. Rutin dari jam delapan sampai jam sembilan. Senin, Selasa, Rabu main. Hal ini sebagai langkah pelestarian. Kita sediakan tempat, bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tapin," ujar pria yang akrab disapa Haji Oening dan senang kesenian itu, Kamis (25/11/21).


Menurutnya, kesenian daerah sangat penting untuk dikembangkan, selain sebagai identitas daerah, kesenian juga berpotensi sebagai daya tarik pariwisata yang akhirnya berdampak untuk ekonomi masyarakat. 


"Kesenian kita adalah identitas daerah kita," ujarnya. 


Ketua Gerakan Lestari Seni (Gelas) Budaya Tapin M Rizkan Fadhil, menyambut baik rencana itu, dikatakannya perhatian khusus untuk seni budaya daerah perlu dilakukan. 


"Bagus rencananya. Semoga rutin terlaksana," ujar aktivis itu.(,ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lestarikan Budaya Bumi Ruhui Rahayu, Sekda Tapin Gelar Musik Panting Secara Rutin

Terkini

Topik Populer

Iklan