Iklan

Iklan

Tingkatkan Skill Pelaku UMKM, Dinkop dan UMKM Jawa Barat Gelar Bazar Produk UMKM Juara

BERITA PEMBARUAN
08 November 2021, 21:43 WIB Last Updated 2021-11-08T14:43:06Z
Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat gelar kegiatan Produk UMKM Juara di Karawang, Senin (8/11/21)(foto:ist)


KARAWANG - Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat menggelar kegiatan Gelar Produk UMKM Juara dalam rangka pendampingan usaha. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang sering dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat sejak tahun 2019.


Pendamping UMKM Juara Kabupaten Karawang, Nunung Nuraini, SP, MM., CI, mengatakan bahwa kegiatan gelar produk UMKM telah berjalan selama 3 tahun sejak tahun 2019. Adapun kegiatan ini ialah bertujuan untuk meningkatkan skill para UMKM yang ada di Karawang dengan melakukan pendampingan sehingga para UMKM dapat naik kelas.


”Ada 144 peserta UMKM yang kita dampingi dan dibagi 6 pendamping dari 144 peserta, per grup ada 24 peserta," katanya kepada media ini, Senin (08/11/2021).


Nunung menambahkan selain menggelar produk UMKM, kegiatan ini juga dirangkai dengan melakukan latihan berkala mulai dari mengupgrade NIB berbasis resiko terbaru, literasi keuangan berbasis digital, dan marketing digital. Mengingat akan 3 hal tersebut paling fundamental.


“Alhamdulilah dari 24 peserta yang saya dampingi semuanya sudah melakukan semua,” tambahnya.


Ia pun menuturkan event tahunan ini diadakan dengan berbagai kegiatan seperti penghargaan dampingan terbaik UMKM Juara, Pemilihan Duta UMKM Juara Kabupaten Karawang, konsultasi bisnis, pelayanan NIB berbasis resiko bagi pelaku UMKM Kabupaten Karawang, talkshow kewirausahaan, fashion produk UMKM Juara Karawang, games, dan doorprize.


"Terpilih 3 pemenang dari 144 peserta. juara satu UMKM Juara Kabupaten Karawang rangginang dekok, kedua rendang salero sebagai pendatang baru dan satu lagi juara ketiga yaitu susu kurma raja,” tuturnya.


Gelar produk UMKM Juara Karawang 2021 dihadiri langsung dari Jawa Barat dan mendapat apresiasi tinggi. Menurutnya UMKM Juara Kabupaten Karawang akan menjadi percontohan kabupaten/kota se-Jawa Barat dengan kegiatan positif ini.


“Peserta yang mendapatkan Juara akan mengikuti kegiatan Lomba UMKM Juara Tingkat Jawa Barat serta akan mendapatkan benefit pemasaran di tingkat Nasional sampai Asia,” tandas Pendamping UMKM Juara ini.


Di waktu terpisah, Owner Susu Kurma Raja yang meraih Juara III dalam gelaran produk UMKM Karawang Juara, Samad mengatakan bahwa kegiatan UMKM juara ini sangat membantu para pelaku UMKM di Karawang dari segi perizinan, marketing dan lain-lain.


"Permasalahan UMKM ini kan dari market/pasar, sehingga memang dengan kegiatan ini sangat terbantu untuk memasarkan produk UMKM ini. Saya sangat mendukung sekali dan berharap kegiatan ini rutin diadakan,” pungkasnya.[*/Ari]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Skill Pelaku UMKM, Dinkop dan UMKM Jawa Barat Gelar Bazar Produk UMKM Juara

Terkini

Topik Populer

Iklan