Iklan

Iklan

Dukung Han Pangan Kodim 1010/Tapin akan Kembangkan Jeruk di Desa Lokpaikat

BERITA PEMBARUAN
18 Desember 2021, 17:07 WIB Last Updated 2021-12-18T10:07:29Z
Anggota Kodim 1010/Tapin saat mengikuti arahan Pandam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, Jumat (17/12/21)(foto:jgt)


TAPIN - Dukung Program Ketahanan Pangan (Han pangan), Kodim 1010/Tapin membuat Demplot Han pangan yang berlokasi di Dusun Balonan, Desa Lokpaikat Kecamatan Lokpaikat. Jumat (17/12/21) kemarin.


Secara Virtual Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso melaunching kegiatan tersebut dengan program Mulawarman Tangguh Bersama, yang diikuti seluruh jajaran Kodam VI/Mulawarman.


Dalam sambutannya, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso mengatakan, Kodam VI/Mulawarman sangat peduli akan ketahanan pangan di wilayah, khususnya dalam menunjang kebutuhan pangan di kawasan calon Ibukota Negara.


Untuk mewujudkan hal tersebut, Kodam VI/Mulawarman memerintahkan Satuan jajarannya memanfaatkan lahan tidur untuk ketahanan pangan, membuat demplot-demplot pertanian dengan model Integratid Farming System (IFS) dan pendampingan Petani.


"Semua ini tidak terlepas dari upaya korelatif yang dikembangkan seluruh Stakeholder yang ada, baik itu TNI, masyarakat, Pemerintah Daerah serta dari pihak swasta, karena sejatinya untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang ideal, maka perlu di support dengan sistem Ketahanan Pangan yang efektif," terangnya.


Sementara itu, usai launching Ketahanan Pangan Program Mulawarman Tangguh Bersama, Dandim 1010/Tapin, Letkol Inf Andi Sinrang mengatakan, Kodim 1010/Tapin siap berkontribusi dalam mensukseskan program yang telah dicanangkan Pangdam VI/Mulawarman melalui ketahanan pangan.


"Untuk Kodim Tapin sendiri, akan mengembangkan ketahanan pangan melalui budidaya jeruk Calivornia, di atas lahan seluar 4 hektare yang berada di Dusun Balonan, Desa Lokpaikat," terangnya.


Lebih lanjut, Andi menambahkan, ini semua berkat dukungan dari instansi terkait, serta peran aktif staf teritorial Kodim tapin melalui babinsa jajaran, dalam mengawal kelompok tani guna memanfaatkan lahan tidur.


"Kami berharap dengan adanya program ini, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta dapat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional," pungkasnya.(pd1010/ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dukung Han Pangan Kodim 1010/Tapin akan Kembangkan Jeruk di Desa Lokpaikat

Terkini

Topik Populer

Iklan