Iklan

Iklan

Dandim: Komcad Wadah Keikutsertaan Warga Negara dalam Mewujudkan Pertahanan Negara

BERITA PEMBARUAN
13 Mei 2022, 11:19 WIB Last Updated 2022-05-13T04:29:50Z
Sebanyak 52 calon komcad yang berasal dari Kabupaten Tapin yang dilepas Bupati Tapin dan Dandim 1010/Tapin Letkol Inf.Andi Sintang di Lapangan Upacara Setda Tapin, Jumat 13 Mei 2022.(foto:jgt)


RANTAU - Alasan dasar Komponen Cadangan (Komcad) itu dibentuk oleh Kementerian Pertahanan RI, merupakan upaya semesta dalam menggunakan segala potensi sumber daya nasional yang ada dalam melakukan pertahanan negara.


Hal itu dikatakan Letkol INF Andi Sinrang kepada sejumlah awak media usai melakukan pelepasan 52 orang kontingen pertama Komcad asal Kabupaten Tapin bersama Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Sekda H Masyraniansyah, di Lapangan Upacara Setda Pemkab Tapin Rantau Baru, Jumat 13 Mei 2022.


"Komponen Cadangan ini, sebagai wadah untuk keikutsertaan warga negara dalam mewujudkan pertahanan negara," ucap Dandim Tapin.


Menurut Letkol INF. Andi Sinrang, 52 orang dari Kabupaten Tapin yang terdiri dari unsur pemerintah daerah, perangkat desa, korporasi, wiraswasta dan lain - lain itu akan diberangkatkan ke Resimen Induk Kodam (Rindam) untuk dilakukan seleksi.


"Besok (Sabtu 14/5/22 -red), 52 orang kontingen pertama asal Tapin ini diberangkatkan ke Rindam VI/Mulawarman dan di sana nanti akan diseleksi mulai kesehatan, psikotes, wawancara, fostur dan lain sebagainya," terangnya. 


Kemudian kata Dandim 1010/Tapin, belum tentu ke 52 orang yang dikirim saat ini diterima semuanya, namun apabila sudah pasti diterima mereka akan mengikuti pelatihan teknik dasar kemiliteran selama kurang lebih 3 bulan.


"Setelah dinyatakan lulus dan mendapatkan ijazah nantinya mereka akan tercatat memiliki nomor register pusat dan kembali ke aktivitas atau profesinya semula," ujarnya.


Selanjutnya Andi Sinrang menambahkan Komcad itu sendiri nantinya masing - masing mendapatkan pangkat sesuai pendidikan formal ketika awal mereka mendaftar dan di usia 48 tahun nantinya mereka dinyatakan pensiun.


"Dan biaya mereka selama pendidikan ditanggung oleh negara, namun setelahnya mereka kembali ke instansi masing-masing, maka dari itu kita tekankan komcad ini yang sudah memiliki pekerjaan tetap," tandasnya. (Ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dandim: Komcad Wadah Keikutsertaan Warga Negara dalam Mewujudkan Pertahanan Negara

Terkini

Topik Populer

Iklan