Iklan

Iklan

Bupati Tapin Melepas Puluhan Komcad yang Akan Mengikuti Pelatihan

BERITA PEMBARUAN
13 Mei 2022, 09:47 WIB Last Updated 2022-05-13T02:48:48Z
Didampingi Dandim Tapin Letkol Inf Andi Sinrang (tengah) dan Sekda H. Masyraniansyah (paling kanan) Bupati Tapun HM Arifin Arpan (baju batik) melepas 53 Komcad dari Tapin untuk mengikuti latihan, Jumat 13 Mei 2022.(foto:ist)


RANTAU - Sebanyak 52 Komponen Cadangan (Komcad) asal Kabupaten Tapin yang akan mengikuti pelatihan dilepas Bupati Tapin HM Arifin Arpan bertempat di Lapangan Upacara Kantor Setda Pemkab Tapin Rantau Baru, Jumat 13 Mei 2022.


Pada acara pelepasan itu Bupati HM Arifin Arpan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H. Masyraniansyah bersama Dandim 1010/Tapin Lekol Inf Andi Sinrang


Diketahui, Komponen Cadangan merupakan program Kementerian Pertahanan RI bagi WNI usia 18 hingga 35 tahun dengan sukarela siap untuk dipanggil negara.


Sementara untuk WNI yang memenuhi syarat dan lulus seleksi akan mengikuti pelatihan militer selama 3 bulan hingga dinyatakan lulus sebagai Komcad dan setelah itu akan kembali menjalani aktivitasnya sebagai mana profesi sebelumnya.


HM Arifin Arpan menyampaikan, bahwa pihaknya melepas 52 orang dari berbagai elemen masyarakat termasuk dari unsur pemerintahan Kabupaten Tapin yang akan dikirim untuk mengikuti pelatihan menjadi Komcad.


"Ini merupakan kontingen pertama dari Kabupaten Tapin sebagai sampel atau contoh kepada masyarakat lainnya tentang tanggung jawab kita terhadap negara," ujar Bupati Tapin.


Bupati mengapresiasi generasi muda yang secara sukarela bersedia ikut berpartisipasi menjadi Komcad dengan tidak langsung sudah ikut menjaga tetap aman dan damainya NKRI.


"Generasi muda yang sukarela dan mengikuti pelatihan militer untuk siap dipanggil negara menjadi Komcad itu artinya sudah mempersiapkan dalam menjaga negara kita tetap aman dan damai," terangnya.


Pada saat memberikan sambutan, bupati berpesan kepada seluruh kontingen yang dilepas agar selalu menjaga kesehatan dan kekompakan serta saling menjaga antara satu dengan yang lainnya.


"Jaga kesehatan, jangan sampai ada yang sakit, latihan militer memang berat namun jangan terlalu menjadi beban agar tidak menjadi stres dalam menjalaninya,intinya jaga kekompakan dan Insya Allah 52 orang kontingen pertama ini bisa sehat dan kembali dengan selamat," pesannya.


Kemudian untuk ke depannya Arifin Arpan berharap Kabupaten Tapin bisa mengirimkan kontingen lebih banyak lagi dari sekarang,maka dari itu pihaknya akan mulai melakukan pendataan.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Tapin Melepas Puluhan Komcad yang Akan Mengikuti Pelatihan

Terkini

Topik Populer

Iklan