Iklan

Iklan

Dinkop UKM Karawang Gelar Sosialisasi Penerapan dan Penguatan Kelembagaan Koperasi

BERITA PEMBARUAN
08 Juli 2022, 13:03 WIB Last Updated 2022-07-08T06:03:26Z
Puluhan Koperasi di Karawang mengikuti sosialisasi Penerapan dan Penguatan Kelembagaan Koperasi di RM Indo Alam Sari Karawang, Kamis (7/7/22)(foto:chim)


KARAWANG - Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Karawang menggelar sosialisasi penerapan dan penguatan kelembagaan koperasi menuju koperasi modern (Digital) di Gedung Sakura Indo Alam Sari Resto pada Kamis 7 Juli 2022. 


Pada acara tersebut dihadiri oleh 60 koperasi aktif di lingkungan Karawang.


"Kegiatan hari ini output nya ingin koperasi-koperasi yang baru berdiri di tahun 2019, 2020 dan 2021, supaya mereka terarah ke depan nya memiliki motivasi tinggi apa yang harus dilakukan dan di patuhi," ujar Sub Koordinator Pemeriksaan Kepatuhan Koperasi Yeni Maryani.


Koperasi memiliki keunggulan dalam mengembangkan potensi lokal, karena koperasi sendiri sebagai pembangunan tatanan ekonomi nasional.


"Di sisi lain dengan memiliki keunggulan, koperasi pun tak luput dari tertib administrasi dengan aktif melakukan pelaporan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Sehingga munculnya Sertifikat NIK bentuk penghargaan setelah itu mereka mengemban usahanya," ujarnya


Menurut Yeni, supaya menggunakan aplikasi digital, koperasi digital ini sangat penting karena bentuk-bentuk layanan kepada anggota. Laporan keuangan transparan akan di akses ke seluruh anggota koperasi, kemudian usahanya bisa semacam ecommers di dalam koperasi digital ini. 


Anggota Koperasi kata Yeni, bisa mengakses ke Koperasi digital dengan mudah bertransaksi koperasi baik itu simpan pinjam maupun jual beli. 


"Nanti akan dikenalkan oleh INVELLI sebagai narasumber, koperasi-koperasi ini untuk membentuk koperasi digital agar mengikuti perkembangan zaman," tegasnya


Ia menuturkan bahwa banyaknya yang menawarkan Platform Digital, ini akan bekerja sama dengan INVELLI. Maka itu kita hanya menawarkan produk, mau atau tidak kembali ke pihak koperasi.


"Harapanya bisa membentuk koperasi digital semua supaya modern, arahnya semakin jelas ke depannya dalam mengikuti perkembangan zaman," pungkasnya.(chim)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinkop UKM Karawang Gelar Sosialisasi Penerapan dan Penguatan Kelembagaan Koperasi

Terkini

Topik Populer

Iklan