Iklan

Iklan

Kementan RI Kucurkan Bantuan Program LPM kepada Tujuh Gapoktan di Karawang

BERITA PEMBARUAN
02 Juli 2022, 10:00 WIB Last Updated 2022-07-02T03:00:04Z
Bendahara Gapoktan Dewi Sri Desa Cariumulya H.Adong.(foto: hmd)


KARAWANG - Pemerintah pusat melalui Kementrian Pertanian dan Ketahanan Pangan (Kementan) kini tengah menggalakkan program ketahanan pangan.


Di Kabupaten Karawang yang dahulu dikenal dengan istilah 'Lumbung Padi' sedikitnya ada tujuh kecamatan yang mendapatkan bantuan program pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).


Dari tujuh kecamatan yang menerima program ketahanan pangan tersebut yaitu, Kecamatan Telagasari, Lemahabang, Tempuran, Cilamaya Kulon, Banyusari, Majalaya, dan Kecamatan Rawamerta.


Sementara, masing - masing Gabungan Kelompok Tani (Gapotan) bantuan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar satu miliar. Anggaran sebesar itu diperuntukan untuk pembangunan lumbung pangan masyarakat, dengan persyaratan lahan pembangunan LPM harus dihibahkan kepada Gapoktan .


Menurut Ketua Gapoktan Dewi Sri di Desa Cariumulya Kecamatan Telagasari H. Akom kepada wartawan mengatakan, ia membenarkan jika kelompoknya mendapatkan bantuan program Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dari Kementan RI dengan nilai satu miliar rupiah.


Bantuan Kementan tersebut kata Akom diterima kelompoknya melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang,


" Ya, benar kelompok kami menerima  bantuan program ketahanan pangan dari Pemerintah Pusat sebesar satu miliar rupiah," ujar H Akom saat dikonfirmasi di kediamannya Jumat 1 Juni 2022.

 

Lebih lanjut H. Akom mengatakan, untuk pembangunan LPM itu bukan di lahan miliknya. Akan tetapi lahan itu  milik bendahara kelompok yaitu, H. Adong,


"Lahan untuk pembangunan program LPM  kurang lebih luasnya sekitar lima ratus meter persegi. Luas lahan tersebut untuk bangunan gudang, penggilingan padi, mesin open, dan lantai jemur padi, untuk lebih jelas sebaiknya silahkan datang ke H Adong," jelas H. Akom menyarankan.


Di tempat terpisah, Bendahara Gapoktan Dewi Sri, H Supriadi atau yang biasa dipanggil. H Adong mengatakan, memang benar Gapoktan Dewi Sri pada tahun 2022 ini mendapat bantuan pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).


Bahkan kata H. Adong tujuh kecamatan yang mendapatkan bantuan pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat program secara simbolis diresmikan oleh Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh


"Peresmian secara simbolis oleh pa Aep Syaepuloh bertempat di Gapoktan Dewi Sri Desa Cariu," kata H. Adong. (Hmd).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kementan RI Kucurkan Bantuan Program LPM kepada Tujuh Gapoktan di Karawang

Terkini

Topik Populer

Iklan