Iklan

Iklan

Guru Besar Universitas Pancasila Berharap RKUHP Segera Disahkan

BERITA PEMBARUAN
27 Agustus 2022, 11:46 WIB Last Updated 2022-08-27T06:33:45Z
Pemaparan Guru Besar Universitas Pancasila Prof Agus Surono pada acara Diklat Pancasila dan bedah RKUHP di Pabuaran Subang, Sabtu 27 Agustus 2022. (foto: mus)


SUBANG - Guru besar Universitas Pancasila Prof. Dr. Agus Surono, S.H., M.H., jadi pemateri pertama melalui daring Zoom Meeting pada acara Diklat Pancasila dan Bedah RKUHP yang digelar oleh Korps Mahasiswa Penghafal dan Pengkaji Al Qur'an (KOMPPAQ) di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Salamjaya Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat, Sabtu 27 Agustus 2022. 


Prof. Agus berharap RKUHP dapat disahkan tahun ini karena sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang menjadi falsafah bangsa. KUHP yang sekarang justru yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan demokrasi. 


"Pancasila merupakan norma dasar dalam membuat peraturan dan perundang - undangan. Setiap peraturan dan perundang - undangan harus sesuai, dan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila termasuk RKUHP ini," ujar Agus pada pemaparannya.


Prof. Agus menyambut positif kegiatan seperti ini agar memberikan pencerahan dan kesejukan di masyarakat. Sehingga masyarakat tidak terpecah belah dengan isu-isu yang dikembangkan oleh oleh kelompok - kelompok tertentu. 


"Kalau ada pasal-pasal yang dirasa kurang sesuai dengan nilai Pancasila maupun nilai-nilai demokrasi bisa didiskusikan. Dan kita khususnya mahasiswa harus kritis namun kita harus mempelajari naskah akademis RKUHP secara menyeluruh agar kita memahami subtansi setiap pasal - pasalnya," ungkap Prof Agus. 


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Mahasiswa Al-Quran Jawa Barat Arif Rahman berharap RKUHP juga segera disahkan. 


"Kami mendorong RKUHP segera disahkan," kata Arif. (Mus)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Guru Besar Universitas Pancasila Berharap RKUHP Segera Disahkan

Terkini

Topik Populer

Iklan