Iklan

Iklan

Partai Buruh Karawang Optimis Lolos Verifikasi Faktual

BERITA PEMBARUAN
24 Oktober 2022, 15:46 WIB Last Updated 2022-10-24T08:46:19Z
Sekretaris Exco Partai Buruh Karawang H.Errie Kosasih, S.H. (foto:ari)


KARAWANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang tengah menjalankan tahapan verifikasi faktual sejak 16 Oktober 2022 hingga 4 November 2022. 


Partai politik yang lolos verifikasi faktual dan menjadi peserta Pemilu 2024 akan diumumkan pada tanggal 14 Desember 2022 mendatang.


Sekretaris Exco Partai Buruh Kabupaten Karawang, H. Errie Kosasih, S.H., kepada media ini mengatakan sejak hari Minggu sudah dilakukan tahapan verifikasi faktual. Ada 2 tahapan verifikasi yaitu tentang perkantoran.


"Alhamdulilah semua sudah lengkap. Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi keanggotaan dan saat ini sedang berjalan. Sampai sejauh ini kita belum menemukan angka pasti berapa yang sudah dilakukan verifikasi!" ujarnya, Senin 24 Oktober 2022.


Lanjut dia, adapun yang menjadi kendala memang kalau kita dari PB (Partai Buruh) Exco Kabupaten Karawang sudah siap. Dari data 3.000 lebih anggota yang MS (Memenuhi Syarat) itu yang akan diverifikasi berdasarkan crazy morgen itu hanya 350 anggota saja yang diverifikasi dari 3.000 anggota.


"Awalnya dikordinasikan dengan baik dengan kita PB, supaya meringankan kerja KPU juga sebagai tim verifikator dan juga mengefektifkan kerja kita di PB. Karena kalau di tahapan verifikasi faktual ini seharusnya nggak nggak perlu ribet lagi semuanya harus terbuka, bukan administrasi lagi. Karena administrasi sudah tidak ada lagi masalah bahwa si A si B sudah tercatat sebagai anggota partai sekarang kita membuktikan ini," terangnya.


Dijelaskannya juga, kita perlu koordinasi verifikator dengan Tim PB. Selain LO (Lisence Official), juga kita bentuk koordinator kecamatan untuk memudahkan. Harusnya itu bisa beroperasi dengan baik kapan mau dilakukan verifikasi kecamatan ini, kecamatan apa dan sebagainya itu dengan baik seharusnya.


"Ini masih ada kendala karena kali ini kita mendapat informasi dari teman. Mereka sudah siap stand by, bahkan ada yang sudah diminta dispen, ada yang minta izin juga ke perusahaan ternyata nggak dilakukan verifikasi lapangan ini. Tentu menjadi hambatan bagi kita, tentu ini yang menjadi maksud teman-teman di kecamatan semua relawan banget. Kita enggak ada operasional, kita sangat-sangat terbatas. Kita sudah mengorbankan waktu, tenaga dan ini bener-bener di efektifkan," tegasnya.


Bung Errie begitu sapaan akrabnya, mengatakan ini perlu nanti kami berkoordinasi dengan tim verifikator agar semua ini bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan itu. Kalau kami sih dari Exco PB merasa yakin karena dari 3000 lebih yang dinyatakan memenuhi syarat, hanya 1000 saja jika diperlukan. Kalaupun dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) pun kita masih punya cadangan yang banyak. Artinya cadangannya cukup banyak sehingga tidak khawatir.


"Yang menjadi kendala itu adalah kordinasi kapan dilakukan, di kecamatan mana, berapa orang, itu kita sedang menunggu. Supaya nggak harus menunggu sampai tanggal 4 selesai, itu kita ingin lebih cepat lebih baik. Seperti itu sejauh ini perkembangan mengenai tahapan verifikasi faktual," tandasnya.


Masih kata H. Errie, kalau kami Exco Partai Buruh Kabupaten Karawang tidak ada trik -trik tertentu karena kami merasa yakin bahwa anggota yang memenuhi syarat itu adalah mereka yang sudah diuji dan teruji dimana yang sebelumnya tercatat kurang lebih 5000 orang sebagai anggota Partai Buruh.


"Kemudian ada proses administrasi di KPU ada yang dinyatakan BMS (Belum Memenuhi Syarat) dan sisanya 3000 yang merupakan TMS. Memang seharusnya kita juga mengecek tapi cadangan kita banyak, jadi kami fokus ke MS yang ada dalam mempersiapkan untuk verifikasi faktual," jelasnya lagi.


"Hanya koordinasi dengan Tim PB di situ dan juga ada Tim LO sehingga bisa segera memastikan kapan akan ke sana, jam berapa, hari apa, itu jelas dan bisa dilakukan, supaya persiapan hari itu oke. Sekali lagi, Exco Partai Buruh itu karena banyak anggota itu dari kalangan pekerja, jadi ada yang shift 1, 2 dan 3, maka harus ada persesuaian waktunya juga. Itu harapannya!" pungkas Sekretaris Exco Partai Buruh Kabupaten Karawang, H. Errie Kosasih.[Ari]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Partai Buruh Karawang Optimis Lolos Verifikasi Faktual

Terkini

Topik Populer

Iklan