Iklan

Iklan

Tak Cukup Ruangan, Siswa SD Balongsari I Gunakan Kelas yang Tak Berpintu dan Jendela

BERITA PEMBARUAN
29 Oktober 2022, 15:50 WIB Last Updated 2022-10-29T08:50:48Z
Ruangan yang belum selesai dipakai untuk belajar di SD Balongsari I Kecamatan Rawamerta, Karawang.(foto:ysp)


KARAWANG - Diduga akibat keterbatasan ruang kelas siswa di SDN Balongsari 1 Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar akhirnya ruangan kelas yang belum rampung pun dipakai ruang belajar.


Sementara diketahui bantuan pembangunan rehabilitasi ruang kelas sudah turun dari Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022 Kabupaten Karawang yang dilaksanakan oleh CV Anugerah Cipta Usaha senilai hampir Rp200 Juta atau tepatnya Rp 199.707.000,00.


Akibatnya siswa-siswi pun harus rela belajar di ruang kelas yang tanpa pintu dan jendela. Selain itu pada bangunan yang belum selesai juga belum terpasang plafon.


Salah seorang guru SDN Balongsari 1 Hasan Muhadjirin saat dikonfirmasi awak media di kantor sekolah menyampaikan, bahwa dari pihak pelaksana rehab pembangunan ruang kelas sudah selesai, dan pihak sekolah tidak mengetahui sistem pembangunannya seperti apa dan pihak sekolah juga hanya bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah ada.


"Ya anak-anak kan perlu belajar dan katanya untuk sekarang sampai di sini pelaksanaannya. Saya juga nggak tahu cara sistemnya bagaimana, karena ini dilaksanakan oleh konsultan dan pemborong. Dan pihak sekolah tidak tahu menahu. Kami kalau dikatakan terima kunci, kunci tidak ada, saya bingung. Bahkan kami dari pihak sekolah hanya bisa memanfaatkan yang sudah ada bahkan kami juga sampai beli gordeng segala rupa supaya anak-anak tidak terlalu liar lah," ucapnya, Jumat 28 Oktober 2022.


Di tempat terpisah Saepul sebagai pihak pelaksana rehab pembangunan ruang kelas SDN Balongsari 1 saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon menyampaikan, bahwa pelaksanaan rehab pembangunan ruang kelas itu sudah sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang sudah ditentukan sesuai dengan Surat Perintah Kerja (SPK). Dan untuk penyelesaian rehab pembangunan ruang kelas selanjutnya itu diselesaikan pada tahap ke dua anggaran yang di keluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang.


"Untuk selanjutnya nunggu dana tahun depan, nanti di tahap 2 baru diselesaikan 100 persen sesuai anggaran. Dan kalau nggak salah juga diawal pekerjaan juga RABnya sudah dikasihin ke kepala sekolah juga item-item apa yang harus dikerjakan dan dikasihkan saya sudah berikan begitu, ya tugas saya sampai segitu sesuai dengan SPKnya. Dan untuk sampai 100 persen itu berarti nunggu anggaran ke depan dari Dinas Disdikpora," ujarnya.


Sementara itu, Yani Muryani Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) ketika dikonfirmasi mengatakan, bahwa untuk kegiatan rehab bangunan sekolah anggaran APBD di bawah 200 juta diprioritaskan bangunan yang berpotensi roboh dan kerusakan tingkat tinggi.


"Kegiatan rehab APBD-APBd sekarang memang anggarannya dibawah 200 juta pengadaan langsung, tingkat kerusakan tinggi yang rusak potensi roboh banyak. Jadi diprioritaskan atapnya dan kalau cukup ke plafon dan tidak ada pengecatan pokonya sesuai RAB dan gambar. Kalau memang kusennya masih bisa digunakan teruskan, tapi yang ovening itu berarti kusennya sudah tidak bisa dipake, kalau dipaksakan dipake nanti pengaruh ke tembok," sebut Yani.


Ia juga mengungkapkan Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang tidak bisa janji tahun selanjutnya dapat di rehab kembali. Karena diprioritaskan untuk bangunan sekolah yang gentengnya sudah diturunkan.


"Kita tidak menjanjikan tahun depan direhab lagi. Karena yang belum dan yang sudah diturunkan gentengnya harus diprioritaskan sesuai RAB dan gambar," pungkasnya. (Yusup/ega)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tak Cukup Ruangan, Siswa SD Balongsari I Gunakan Kelas yang Tak Berpintu dan Jendela

Terkini

Topik Populer

Iklan