Iklan

Iklan

Expo Hari Jadi Kabupaten Tapin, Petani Kopi Raup Untung

BERITA PEMBARUAN
09 Desember 2022, 14:28 WIB Last Updated 2022-12-09T07:28:52Z
Kelompok petani Kabupaten Tapin meraup untung saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin ke -57.(foto:ist)


RANTAU - Hari Jadi Kabupaten Tapin ke -57 berhasil memberikan manfaat bagi kelompok petani kopi dengan menyelenggarakan Bazzar Ekonomi Kreatif dan Expo.


Selama delapan hari ini peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin penjualan kopi meningkatkan tajam bahkan omset mencapai jutaan rupiah.


Hal tersebut disampaikan Ketua Kelompok Tani Baru Muncul Desa Asam Randah Hartanto kepada media, Kamis 8 Desember 2022.


"Untuk kopi bubuk rata-rata 80-150 bungkus (100 gram) /hari dijual Rp15 ribu. Untuk green bean (1 kg) rata-rata 10 kg/hari harga Rp40 ribu. Sedangkan untuk biji yang sudah dirosting /kg Rp120 ribu, rata rata sehari terjual 6-8 kg," ujarnya di Rantau.


Untuk jenis kopi asal kawasan perbukitan di Desa Asam Randah itu, ada yang berjenis robusta dan liberika. Menurutnya, untuk  kopi bubuk dibeli oleh masyarakat umum dan green bean dari kedai atau cafe di Tapin. 


"Untung dari expo ini selain dari penjualan, yaitu promosi. Kopi kita ini baru, alhamdulillah melalui expo ini kopi kita banyak yang kenal," ungkapnya.


Jenis kopi dari desa itu lanjut Hartanto mulai menggeliat lagi sejak 2021 lalu. Sebelumnya, pernah pudar karena masuknya karet ke daerah tersebut. 


Kemudian kata Hartanto, dengan adanya tren kopi di Indonesia saat ini, kata dia, kopi saat ini sangat menjanjikan untuk petani. 


"Saat ini masih sebagai komoditas samping. Perlahan kita bangkitkan kembali untuk perekonomian masyarakat," tukasnya. 


Menurut Hartanto, saat ini lahan kopi di daerahnya mencapai 20 hektar. Ke depan pada 2023 akan ditambah lagi lahan seluas 23 hektar di daerah tersebut.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Expo Hari Jadi Kabupaten Tapin, Petani Kopi Raup Untung

Terkini

Topik Populer

Iklan