Iklan

Iklan

HMJ MPI Laksanakan Pengabdian Masyarakat 'Dedikasi Merak Merah' di Desa Halong

BERITA PEMBARUAN
22 Januari 2023, 14:37 WIB Last Updated 2023-01-22T07:37:07Z
Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN Antasari foto bersama warga masyarakat Desa Halong Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, Kalsel saat melaksanakan Pengabdian masyarakat.(foto:ist)


BALANGAN - Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (HMJ MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan nama Dedikasi Merak Merah, 15 - 21 Januari 2023.


Kegiatan dilaksanakan di Desa Halong, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan ini, merupakan kegiatan pengabdian mayarakat yang sukses dilaksanakan oleh HMJ MPI UIN Antasari Banjarmasin. 


Kegiatan pengabdian ini hadirkan tiga bidang dalam pelaksanaanya yakni, Bidang Pendidikan, Bidang Keagamaan dan Bidang Lingkungan Hidup dan Budaya, yang masing-masing punya program kerja untuk peningkatan kemajuan dan kualitas masyarakat Halong.


Kegiatan dilaksanakan singkat, hanya satu pekan terhitung sejak tanggal 15 - 21 Januari 2023. Dan bertujuan untuk mengembangkan hubungan kerjasama dengan berbagai instansi atau lembaga masyarakat guna menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan meningkatkan kemajuan serta kualitas masyarakat. 


Hal tersebut disampaikan Ketua Umum HMJ MPI UIN Antasari Abdurrahman melalui keterangan tertulisnya kepada beritapembaruan.id, Minggu 22 Januari 2023.


Menurut Abdurrahman, kegiatan pengabdian dengan nama 'Dedikasi Merak Merah' ini memiliki makna, dedikasi berarti sebuah pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan suatu usaha atau tujuan mulia. 


"Dedikasi ini bisa juga berarti pengabdian untuk melaksanakan cita-cita yang luhur. Dan diperlukan adanya sebuah keyakinan yang teguh," ujar Abdurahman dalam keterangan tertulisnya.


Sedangkan Merak Merah kata Abdurahman, merupakan julukan untuk HMJ MPI Antasari yang memiliki filosofi, bahwa merak merah merupakan hewan yang sangat langka dan juga sangat karismatik di setiap gerak - geriknya. Dengan ekor yang mekar, melambangkan bahwa perkumpulan ini mampu memberikan hal yang positif terhadap jurusan, maupun orang-orang sekitarnya.


Sementara Ketua Pelaksana kegiatan Dedikasi Merak Merah Muhammad Rizki Rezani mengatakan, tema yang diangkat dari Dedikasi Merak Merah adalah 'Pastikan Peranmu, untuk Banua Maju', dengan harapan kegiatan ini menjadi wadah Mahasiswa MPI untuk berjuang bersama, menyumbangkan perannya dalam membawa kemajuan pada banua. 


"Dan tema ini juga menjadi tagline serta jargon kegiatan ini," ucapnya  singkat.


Selain itu di tempat yang sama, Kepala Desa Halong, Hairiani mengucapkan terimakasih kepada Mahasiswa UIN Antasari yang melaksanakan pengabdian di Desa Halong. Karena menurutnya, dengan terlaksananya kegiatan pengabdian tersebut sangat berpengaruh dan berdampak positif, terutama bagi anak-anak Desa Halong yang begitu bersemangat pada kegiatan tersebut. 


Hairiani berharap kegiatan Dedikasi Merak Merah ini menjadikan anak-anak desa Halong termotivasi untuk menimba ilmu pendidikan setinggi-tingginya.


Dan lanjut Kepala Desa Halong, semua program kerja yang telah dilaksanakan selama kegiatan mendapat banyak manfaat, dan menjadi pengalaman yang berharga bagi semua mahasiswa. 


"Kami mewakili warga masyarakat Desa Halong mengucapkan terimakasih atas kesediaan mahasiswa UIN Antasari yang melaksanakan Pengabdian di desa kami," terang Hairiani. 


Masih menurut Hairiani, dengan adanya pengabdian di desa kami banyak hal yang didapat dan sangat berpengaruh dan berdampak positif, terutama bagi anak-anak kami yang begitu bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. 


"Mudahan saja hal ini menjadikan mereka termotivasi untuk selalu menimba ilmu pendidikan setinggi-tingginya," tandasnya.(rls/red).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • HMJ MPI Laksanakan Pengabdian Masyarakat 'Dedikasi Merak Merah' di Desa Halong

Terkini

Topik Populer

Iklan