Iklan

Iklan

Kejaksaan Negeri Tapin Gelar Press Realese Capaian Kinerja Tahun 2022

BERITA PEMBARUAN
02 Januari 2023, 21:20 WIB Last Updated 2023-01-02T14:20:29Z
Kejaksaan Negeri Tapin saat melakukan Konferensi pers di Kantor Kejari, Senin 2 Januari 2023.(foto:ist)


RANTAU - Kejaksaan Negeri (Kejari) Tapin sampaikan capaian kinerja selama satu tahun sepanjang 2022 pada Konferensi pers yang dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Tapin Adi Fakhruddin, S.H., M.H., didampingi seluruh Kasi, di Ruang Press Konfren Kejari Tapin Rantau, Senin 2 Januari 2022.


Dihadapan sejumlah awak media, Kajari Tapin Adi Fakhruddin menyampaikan capaian kinerja tahun 2022 yang telah dilaksanakan jajaran sesuai lingkup kerjanya yakni seksi Tindak Pidana Khusus, Tindak Pidana Umum, Intelijen, Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN), Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R ) serta Bidang Pembinaan.


Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tapin Adi Fakhruddin menyampaikan, capaian kinerja yang telah dilaksanakan Seksi Tindak Pidana Khusus pada tahun 2022 ini yakni dua penyelidikan, 2 Penyidikan, 2 Penuntutan dan 3 Eksekusi serta Pembayaran Denda atas terpidana Rhama Juni Saputra alias Rhama Bin Jairin Zain.


"Melalui seksi Pidsus juga telah  menyelamatkan Keuangan Negara atas terpidana Ristianti Annisa Fitria Binti Madian Ma’ruf (Alm) terkait perkara penyalahgunaan penyaluran Kredit Cepat Aman (KCA) pada PT.Pegadaian (persero) UPC Rantau pada Kantor Cabang Barabai," terangnya.


Sedangkan untuk Seksi Tindak Pidana Umum dikatakan Kajari, tahap Pra Penuntutan telah terealisasi sebanyak 243 Perkara, tahap penuntutan terealisasi sebanyak 244 perkara serta tahap upaya hukum dan pelaksanaan eksekusi terealisasi 232 perkara.


"Seksi Pidum juga telah menyelesaikan dua perkara melalui Restoratif Justice (RJ) dan berhasil mendapatkan  dua penghargaan terbaik tentang Kategori video RJ dan penghargaan atas kinerja terbaik 2022," jelasnya.


Adapun Seksi Intelijen kata Adi Fakhruddin, sesuai tufoksinya telah melaksanakan kegiatan penerangan hukum satu kegiatan, penyuluhan hukum melalui acara Jaksa Sahabat Masyarakat dan Jaksa Menyapa yang dilaksanakan sebanyak enam kegiatan.


"Selain itu Seksi Intelijen melaksanakan kegiatan bidang penyelidikan, pengamanan, penggalangan kasus intelijen 1 kegiatan dan 1 kegiatan terkait laporan pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat. Seksi Intelijen pun sama mendapatkan penghargaan harapan satu atas kinerja dari Kejati Kalsel tahun 2022 ini," ujarnya.


Dikatakannya, Seksi Perdata dan TUN Kejaksaan Negeri Tapin telah melaksanakan penanganan perkara sebanyak satu kegiatan, pertimbangan hukum antara lain pendampingan hukum dan pendapat hukum sebanyak 37 kegiatan.


" Untuk Pelaksanaan pelayanan hukum 33 kegiatan, melaksanakan MOU sebanyak 5 Kegiatan dan pemulihan keuangan negara dari PT.BPR Tapin Selatan Mandiri Sejahtera dan dari BPJS Kesehatan Cabang Barabai," imbuhnya.


Kemudian menurut Adi Fakhruddin,Bidang Pembinaan Kejari Tapin telah melakukan penyerapan Anggaran kegiatan yang angkanya mencapai 98,40 persen, dan telah memiliki Ruang Layanan Tilang Online yang representative untuk melayani masyarakat. Juga telah bekerja sama dengan Bank BRI Cabang Rantau untuk meningkatkan pelayanan petugas PTSP Kejaksaan Negeri Tapin.


"Selain itu telah melaksanakan Forum Konsultasi Publik guna mensosialisasikan standar pelayanan publik dan telah memperoleh penghargaan juara pertama oleh Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan atas kinerja selama tahun 2022," terangnya. 


Ditambahkannya, seksi PB3R Kejaksaan Negeri Tapin telah melaksanakan penjualan langsung dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan telah melaksanakan pemusnahan perkara tindak pidana umum sebanyak 64 perkara pada tanggal 19 Juli 2022 lalu.


"Juga telah melaksanakan pemusnahan sebanyak 53 perkara tindak pidana umum pada tanggal 24 November 2022 dan Pemusnahan pada tanggal 15 Desember 2022 sebanyak 53 perkara Tindak Pidana Umum serta melaksanakan lelang pada tanggal 05 Oktober 2022 dan 17 November 2022," pungkasnya.(Ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kejaksaan Negeri Tapin Gelar Press Realese Capaian Kinerja Tahun 2022

Terkini

Topik Populer

Iklan