Iklan

Iklan

Ratusan Siswa SMA Labschool Jakarta Ikuti Trip Observasi ke-51 di Mekarbuana Karawang

BERITA PEMBARUAN
27 Februari 2023, 13:26 WIB Last Updated 2023-02-27T08:07:42Z
Siswa SMA Labschool seusai mengikuti kegiatan Trip Observasi di Desa Mekarbuana, Karawang, Senin 27 Februari 2023.(foto:jof)


KARAWANG - Sebanyak 240 siswa mengikuti kegiatan Trip Observasi (TO) ke-51, selama 5 hari 4 malam di wilayah Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang, Jawa Barat.


Trip Observasi itu merupakan program unggulan SMA Labschool Jakarta yang  dilaksanakan pada Kamis - Senin (23-27/02/2023). Adapun tujuannya memberikan pembinaan dan kecakapan hidup yang meliputi pembentukan siswa berkarakter, penanaman jiwa sosial, akademik dan vokasional sebagai penguatan profil pelajar Pancasila bagi seluruh pesertanya. 


Pada sambutannya, Kepala sekolah SMA Labschool Jakarta Dr. Suparno, S.Pd., M.M., mengucapkan rasa syukurnya atas terlaksananya kegiatan ini.


"Alhamdulillah pelaksanaan Trip Observasi ke 51 bisa terselenggara," ucapnya, Senin 27 Februari 2023.


Dr. Suparno mengaku, bahwa kegiatan reguler tahunan itu terhenti dua tahun akibat adanya Covid-19 yang melanda. 


Ia menegaskan bahwa seiring dengan implementasi Kurikulum Merdeka yang di laksanakan di tahun 2021 oleh SMA Labschool Jakarta.


Menurutnya, kegiatan penting yang menjadi ciri kurikulum itu, dan pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler yang memadukan pembelajaran formal dalam kelas, dan pembelajaran informal yang dapat dilakukan di mana saja. 


"Bahkan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan kunci yang sangat penting di dalam membentuk kepribadian siswa yang berjiwa Pancasila," ujar Suparno. 


Dan Trip Observasi (TO) lanjut Suparno, menjadi salah satu kegiatan nyata dalam implementasi P5 di SMA Labschool Jakarta.


Selanjutnya Suparno berharap bagi SMA Labschool Jakarta, TO kali ini merupakan TO yang ke-51 yang sangat berarti bagi SMA Labschool Jakarta.


Diharapkan dari segi penyelenggaraannya akan semakin lebih baik, karena panitia penyelenggara dapat belajar dari pengalaman penyelenggaraan Trip Observasi sebelumnya.


"Saya berharap disesuaikan dengan protokol kesehatan yang berlaku saat pandemi. Melalui tema "Trip Observasi Membangun Kompetensi Siswa dalam Menghadapi Society 5.0," harapnya.


Masih kata Suparno, pihaknya menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada BPS Laboratorium Universitas Negeri Jakarta, Panitia TO 2023, Pengurus POMG dan WOTK SMA Labschool Jakarta. Kemudian para orang tua siswa kelas X tahun pelajaran 2022/2023, serta para sponsor dan donatur yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu, yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan TO tahun 2023 itu. 


"Tak lupa juga saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Mekarbuana yang telah berkenan menerima para murid SMA Labschool Jakarta sebagai 'anak angkat' mereka selama kurang lebih lima hari serta dengan tangan terbuka menerima seluruh rombongan TO untuk beraktivitas di Desa Mekar Buana," pungkasnya.


Terpisah Kepala Desa Mekarbuana, Jaji Maryono, S.P., M.M., mengaku bangga dengan adanya kegiatan Trip Observasi SMA Labschool Jakarta Tahun 2023 di desanya itu. 


Diakuinya, bahwa sekolah SMA Labschool Jakarta itu sudah seperti terjalin silahturahmi yang baik dengan masyarakat Desa Mekarbuana. 


"Kehadiran siswa dan siswi di wilayah Desa Mekarbuana seperti anak - anak kami. Dan kami pun sangat terimakasih, wilayah Desa Mekarbuana menjadi kegiatan Trip observasi SMA Labschool Jakarta," ucap Jaji.


"Mudah-mudahan segala kemudahan kegiatan bisa berjalan baik dan lancar. Juga kami sebagai pemerintah desa membantu kelancaran kegiatan Trip Observasi SMA Labschool Jakarta dengan sebaik-baiknya," terangnya. (Yofa)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ratusan Siswa SMA Labschool Jakarta Ikuti Trip Observasi ke-51 di Mekarbuana Karawang

Terkini

Topik Populer

Iklan