Iklan

Iklan

Aneh tapi Nyata, Diduga Air Laut Purba Ditemukan di Perbukitan Karawang

BERITA PEMBARUAN
11 Maret 2023, 17:01 WIB Last Updated 2023-03-12T03:52:54Z
Lokasi ditemukannya sumber air asin di Dusun Kaliwungu Desa Sirnabaya Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Sabtu 11 Maret 2023.(foto:rm)

KARAWANG - Sumber air yang biasa dijumpai di wilayah perbukitan pada umumnya tidak berasa alias tawar. Namun siapa sangka, salah satu sumur di Dusun Kaliwungu Desa Sirnabaya Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang Jawa Barat memiliki sumber mata air yang rasanya asin.


Seorang pengusaha warga Desa Sirnabaya H.Joni Wardi mengatakan, bahwa Ia awalnya kaget bercampur heran, karena tanah yang dibor mengeluarkan air asin. 


Padahal kata H.Joni ini daerah ini ketinggian nya sekitar 70 meter di atas permukaan laut, cukup tinggi, dan jauh dari pantai. Sementara pada umumnya air asin ini hanya ada di laut. 


"Saya kaget juga, setelah tanah yang dibor mengeluarkan air asin. Dan saya mencoba pindah, ke lokasi yang lebih bawah, eh, nyatanya sama asin juga," ujar H.Joni kepada beritapembaruan.id, Sabtu 11 Maret 2023 di lokasi.


Setelah itu, kata H.Joni, Ia meminta saran rekan seprofesinya terkait penemuan air asin. Atas saran dari sahabatnya itulah, akhirnya membawa air asin tersebut ke laboratorium. Hasilnya sungguh mencengangkan bahwa kandungan garamnya sangat tinggi melebihi air laut Jawa dan Samudera. 


"Alhamdulillah meskipun awalnya kaget dan heran, tapi saya bersyukur. Insya Allah air ini banyak manfaatnya. Saya emang saat ini sedang membangun areal wisata alam untuk camping ground. Mohon doanya aja," terang H.Joni Wardi.


Kemudian ke depannya kata H Joni, Ia akan mengembangkan destinasi wisata alam di Karawang, yang di dalamnya akan kami bangun glamping, arena outbound serta camping ground serta mini zoo.


"Terkait air asin, rencana ke depan saya akan mendirikan kolam terapi rendaman air asin yang banyak manfaatnya bagi kesehatan," tandasnya.


Sementara menurut akademisi dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang, DR Amdani mengatakan, bahwa kadar garam atau salinitasnya tinggi melebihi dari laut di sekitar pantai kita atau laut Jawa. Dan menurutnya setelah mengetahui hasil dari laboratorium di Sucofindo sungguh sangat luar biasa.


"Di sini kadar garam atau salinitas-nya di atas air laut. Air laut kadar garamnya sekitar dua setengah sampai tiga persen, dan ada sampai tiga setengah persen, tapi itu jauh di Samudra. Di sekitar pantai mencapai tiga persen. Nah, ini empat persen kadar asinnya," ujar Amdani.


Hasil Uji Laboratorium di Sucofindo (foto:rm)


Sementara menurut warga Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang yang berkunjung ke lokasi Yayat Hidayat mengatakan, Ia mendatangi lokasi ini mendengar dari teman. Kabarnya di sini ditemukan air asin. 


"Ini anehkan?, di perbukitan ada air asin. Dan menurut temen saya yang ahli, ini bisa dikatakan air laut purba. Jadi jutaan tahun lalu di daerah ini adalah lautan. Semoga tempat ini menjadi destinasi wisata yang hebat dan bisa membawa nama Karawang cemerlang," ujar Yayat.


Menurutnya, keberadaan sumber air asin itu menjadi suatu kekayaan alam tersendiri. Harapannya, adanya sumber air asin ini bisa membawa kemajuan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Karawang.


"Alhamdulillah, ini potensi alam yang luar biasa. Air asin biasanya ada di laut tapi ini ada di atas perbukitan, yang jarak dari laut cukup lumayan jauh. Inilah kebesaran Allah," pungkasnya.(***)


 






Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Aneh tapi Nyata, Diduga Air Laut Purba Ditemukan di Perbukitan Karawang

Terkini

Topik Populer

Iklan