Iklan

Iklan

Polemik Sekolah Masuk Jam 5 Pagi, Ini Kata Gubernur Viktor

BERITA PEMBARUAN
02 Maret 2023, 07:24 WIB Last Updated 2023-03-02T01:09:26Z
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.(foto:ist)


BELU, NTT - Beberapa waktu lalu, publik dibuat heboh, dengan ulah Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang mengistrusikan Sekolah SMA yang ada di NTT mulai masuk sekolah pada pukul 05.00 WITA.


Kehebohan yang dibuat sang Gubernur tersebut, menciptakan polemik di seluruh NTT, bahkan tersiar sampai ke luar NTT, lewat jejaring media sosial FB, dan memunculkan beragam komentar.


Apa sebenarnya yang diharapkan dari pemberlakuan jam masuk sekolah pukul 05:00 pagi tersebut, berikut kutipan dari video akun Instagramnya @viktorbungtilulaiskodat, Rabu (1/3/2023). 


Menjelaskan 50 persen dari total APBD Provinsi NTT berada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Sehingga, kata dia, harus ada desain khusus untuk memanfaatkan anggaran tersebut dengan sebaik mungkin. Salah satunya, dengan memberlakukan jam masuk pukul 05.00 WITA.


Viktor menyampaikan kebijakan ini bertujuan untuk mempersiapkan para peserta didik SMA/SMK masuk ke perguruan tinggi negeri maupun luar negeri.


"Sehingga kalau ada peserta didik yang ingin masuk UI mereka dipersiapkan dari awal saat ada tes masuk UI langsung mereka mampu, punya standar yang sama dengan Jakarta. UGM ataupun yang menuju Harvard University sekalipun," terangnya.


Terlebih, mereka yang memiliki cita-cita ingin masuk ke Akademi Militer (Akmil) dan Akademi Kepolisian (Akpol).


"Dia menegaskan dirinya tidak akan mundur soal kebijakan sekolah dimulai pukul 05.00 Wita pagi tersebut," tegasnya.


Namun begitu lanjutan Dia, kebijakan ini hanya diwajibkan untuk dua sekolah unggulan, unggul dalam pengetahuan dan unggul dalam karakter. Kedua sekolah tersebut adalah SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 6 yang berada di Kota Kupang.


Soal keamanan, Kader Partai Nasdem ini, mengatakan akan bekerja sama dengan pihak kepolisian terkait keamanan para peserta didik. 


"Kita bisa tahu ternyata kita punya kekurangan di situ, maka evaluasi ini cukup baik untuk kita lakukan," tutur Viktor.


Lebih lanjut Viktor mengatakan, matahari terbit di NTT pukul 05:45 WITA, Menurut filosofi jika ingin anak didik berhasil dalam pendidikannya maka dia harus bangun sebelum matahari terbit. "Itu filosofi," tandasnya. (jo).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polemik Sekolah Masuk Jam 5 Pagi, Ini Kata Gubernur Viktor

Terkini

Topik Populer

Iklan