Iklan

Iklan

Srikandi PLN Garda Terdepan Kelistrikan Transmisi

BERITA PEMBARUAN
10 Maret 2023, 13:50 WIB Last Updated 2023-03-10T06:50:47Z
Dua orang Srikandi PLN sedang monitoring (foto:ist)


BEKASI - PT PLN (Persero) berkomitmen dalam menghadirkan listrik yang andal untuk pelanggan. Dibalik keandalan system kelistrikan tersebut ada peran kaum perempuan yang turut terlibat didalamnya. Mereka disebut Srikandi PLN.

 
Manager UPT Bekasi, M. Taufik mengatakan, peran wanita melalui Unit Pelaksana Transmisi Bekasi tidak hanya berada pada fungsi administrasional saja namun juga pada garda terdepan PLN Transmisi yang berada di Gardu Induk dan ULTG (Unit Pelayanan Transmisi dan Gardu Induk).

 
"Dari total 19 srikandi di UPT Bekasi, 3 diantaranya berada di Gardu Induk dan ULTG. Mereka terjun langsung dilapangan untuk melakukan pemeliharaan baik di sisi transmisi maupun gardu induk,” kata M. Taufik.

 



Satu dari 3 srikandi yang terjun langsung menjadi tim garda depan PLN dalam menjaga keandalan pasokan listrik adalah Chintya Ella Mayangsari (24). Chintya mengawali karir nya di PLN sebagai Junior Technician Pemeliharaan Jaringan dan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi Cibatu.

Dalam perjalanannya menjadi salah satu garda terdepan PLN transmisi, Chintya telah merasakan berbagai pengalaman diantaranya bekerja pada kondisi cuaca ekstrem, bekerja pada kondisi ketinggian hingga bekerja pada keadaan darurat.

 
“Menjalani pekerjaan ini bukan hal yang mudah, tetapi pasti bisa dilakukan jika memiliki kemampuan beradaptasi dan kemauan yang tinggi untuk terus belajar,” terang Chintya.

Pengalaman Unik Bekerja di Garda Terdepan Transmisi

Bekerja di garda terdepan sistem kelistrikan membuat Chintya memperoleh banyak pengalaman menarik.

“Pernah pada suatu waktu, disaat orang pada umumnya beristirahat, kami melakukan penanganan anomaly ditengah malam. Tentunya ini bagian dari tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab untuk menjaga pasokan listrik tetap tersalurkan,” kenangnya.

Selalu ada sisi baik disetiap pekerjaan dan tanggung jawab besar yang dipikul seorang garda terdepan kelistrikan. Menurutnya, meskipun tuntutan pekerjaannya berat, namun kerjasama dan kekompakan tim membuatnya merasa nyaman bekerja di lingkungan pekerjaan yang didominasi oleh para laki-laki.

 
“Perempuan dan laki-laki memiliki potensi dalam dirinya masing-masing. Perbedaannya hanya bagaimana cara kita mengembangkan potensi tersebut. Saya bangga bisa mengembangkan potensi saya di PLN UPT Bekasi ini dan menjadi salah satu srikandi yang ikut berperan aktif dalam menjaga keandalan sistem transmisi, agar masyarakat dapat terlayani,” pungkas Chintya.(rls)

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Srikandi PLN Garda Terdepan Kelistrikan Transmisi

Terkini

Topik Populer

Iklan