Iklan

Iklan

Jenis Ikan Gabus Ini Bisa Bernilai Jutaan Rupiah

BERITA PEMBARUAN
04 April 2023, 12:53 WIB Last Updated 2023-04-04T05:53:59Z
Channa (foto: istimewa)


Beritapembaruan.id - Kita mengenal Ikan Gabus yang kerap dibuat sayur dengan campuran Pucung atau Kluwek. Di Jawa Timur sering banyak orang menjadi bahan campuran untuk masakan khas, Rawon. Dan di daerah Jawa Barat, Banten dan Suku Betawi mengenalnya dengan masakan Gabus Pucung.


Diketahui Ikan Gabus ini, sejenis ikan predator yang hidup di perairan tawar. Ikan gabus ini miliki nama yang berbeda di setiap daerah, sedangkan memiliki nama ilmiahnya Channa Striata. Ikan tersebut di dunia mencapai 50 lebih spesies yang tersebar di Asia hingga Afrika. Tertinggi, ada di Myanmar dan India.


Dilansir dari Dhahanews.com, selain menyebar di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia, Ikan Channa juga banyak jenisnya.


Channa (foto: istimewa)


Perairan tawar Indonesia juga menjadi habitat hidup Ikan Channa Striana, sehingga Ikan Gabus ini juga tumbuh dan berkembang biak dengan baik.


Karakter perainan di Indonesia yang tenang dengan dasar pasir dan ditumbuhi vegetasi, menjadi tempat hidup yang nyaman bagi Ikan Channa.


Jenis Ikan Channa yang umum, antara lain, Channa Limbata, Channa Pulchra, Channa maru dan beberapa jenis lainnya.


Berikut ini, delapan jenis Ikan Channa di Indonesia dan spesies Ikan Channa paling mahal tembus harga jutaan rupiah per ekor.



1. Channa Striata


Ikan Channa Satriata kerap kita temukan di pasar dan dijual untuk dikonsumsi.

Di masyarakat, Ikan Channa Satriata dikenal sebagai Ikan Gabus lokal dan sangat mudah dijumpai.


Pecinta Ikan Channa alias Channa Keeppers banyak yang memelihara ikan jenis ini, hanya saja mereka memilih yang berjenis Albino karena dianggap lebih menarik.


2.Channa Micropeltes


Dikenal dengan sebutan Ikan Toman, Channa Micropeltes memilki ciri khusus ukurannya yang besar mencapai 1,3 meter.


Ikan Channa Micropeltes dengan nama lain Giant Snakehead karena merupakan spesies terbesar di dalam sukunya.


3. Channa Maraulioides


Ikan Channa  jenis ini paling terkenal di Indonesia dan manca negara. Ikan Channa Maraulioides harganya cukup mahal dengan kualitas yang bagus.


Saat hidup di habitat aslinya, Channa Marulioides bisa tumbuh mencapai 80 cm lebih. Ikan ini memiliki sub spesies berupa Borneo, Sampit dan Riau.



4. Channa Limbata


Nama lain Ikan Channa Limbata adalah Gachua. Di Indonesia, ikan jenis ini banyak ditemukan di Kalimantan, Sumatera dan Jawa.


Di habit aslinya, Ikan Channa Limbata mampu tumbuh hingga ukuran tubuhnya mencapai 20 cm.


5. Channa Bankanensis


Ikan Channa Bankanensis asli Kepulauan Bangka. Ikan ini banyak ditemui di Bangka Belitung dan beberapa daerah lain di Sumatera dan Kalimantan.


Keunikan dari Ikan Channa Bankanensis terletak pada saat marah, insangnya akan mekar seperti Ikan Cupang.


6. Channa Lucius


Berikutnya Ikan Channa Lucius yang memiliki nama lain Forest Snakehead, kakrena terdapat di sungai- sungai di hutan di Kalimantan.


Dibalik keindahan corak tubuhnya, ikan Channa Lucius memiliki kekurangan karena tergolong ikan yang pemalas serta kurang aktif.


7. Channa Melanoptera


Ikan ini banyak ditemukan di daerah Sumatera dan Kalimantan. Ikan Channa Melanoptera juga kurang populer dipelihara, karna warna dan motifnya kurang menarik.


8. Channa Pleurophthelma


Terakhir Ikan Channa Pleurophthelma yang memiliki nama lain Channa Pleuro. Ikan Channa jenis iki memiliki motif unik, menyerupai Ikan Peacock Bass.


Sayangnya, Ikan Channa Pleurophthelma kurang diminati, karena harganya yang terlampau murah di pasangan.


Demikian delapan jenis Ikan Channa di Indonesia semoga bisa menambah wawasanmu.(***)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jenis Ikan Gabus Ini Bisa Bernilai Jutaan Rupiah

Terkini

Topik Populer

Iklan