Iklan

Iklan

PMI Tapin Gandeng Perusahaan Tambang Gelar Donor Darah Keliling Masjid

BERITA PEMBARUAN
18 April 2023, 12:28 WIB Last Updated 2023-04-18T05:28:11Z
Petugas PMI Tapin saat memberikan pelayanan pada warga yang mendonorkan darah, Selasa 18 April 2023.(foto:ist)


RANTAU - Pada momen bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah tahun 2023 ini hampir satu bulan penuh dimanfaatkan Organisasi Kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tapin untuk melaksanakan Bakti Sosial Donor Darah Keliling Masjid.


Bakti Sosial Donor Darah PMI Tapin ini digelar di sejumlah titik lokasi halaman masjid di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tapin mulai awal Ramadhan pada akhir bulan Maret lalu hingga saat ini, menjelang Idul Fitri 1444 Hijriyah dua pekan terakhir di bulan April 2023.


Ketua PMI Tapin H Dedy Arif Budiman menyampaikan, PMI Tapin hingga saat ini selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah, sudah menggelar bakti sosial donor darah di sembilan titik lokasi halaman masjid yang tersebar di Tapin.


"Lokasinya di halaman masjid - masjid yang tersebar di sejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapin. Waktu pelaksanaannya setelah pelaksanaan sholat tarawih," ujarnya di Rantau, Selasa 18 April 2023.


Dikatakan Dedy Arif, setiap bakti sosial donor darah digelar, antusiasme masyarakat cukup tinggi sehingga rata - rata tidak kurang dari lima puluh orang menjadi pendonor pada setiap gelarannya.


"Alhamdulillah berkat jiwa sosial kemanusiaan yang dimiliki warga tapin, animo masyarakat untuk mendonorkan darahnya cukup tinggi," ucapnya.


H Dedy Arif Budiman menyampaikan, dari hasil bakti sosial donor darah keliling masjid PMI Tapin selama Ramadhan 1444 Hijriah tahun ini, sudah terkumpul sebanyak kurang lebih 300 - 400 stok labu darah.


"Ini pertanda baik, kita punya tambahan stok darah yang lumayan banyak dan berharap bisa memenuhi kebutuhan darah khususnya bagi warga tapin yang membutuhkan," sebutnya.


Menurutnya, dengan melihat animo masyarakat yang mendonorkan darah pada tahun ini, ke depan pihaknya berencana akan menambah titik lokasi dan kegiatan tersebut rencananya akan dijadikan agenda rutin tahunan .


Diketahui, selain menggelar donor darah, PMI Tapin juga menyiapkan tenaga medis untuk chek kesehatan masyarakat di lokasi yang sama serta menggandeng sejumlah perusahaan yang beroperasi di Tapin untuk memberikan bantuan berupa paket sembako kepada warga melalui dana Corporate Sosial Responcibillty (CSR).


Senada, Kepala Markas PMI Tapin Dwi Suryanto, S.Km., menyampaikan, kegiatan tersebut juga sekaligus untuk mengedukasi masyarakat, bahwa meski kegiatan donor darah ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan, namun tidak akan menggangu ibadah puasa masyarakat karena pelaksanaannya pada malam hari setelah berbuka puasa.


"Alhamdulillah, antusiame masyarakat yang mendonorkan darahnya pada giat tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Dan masyarakat juga banyak yang mendapatkan layanan kesehatan seperti pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol dan lain-lain," ungkapnya.


Dikatakannya, Donor Darah Keliling Masjid Ramadhan 1444 Hijriyah PMI Tapin ini belum digelar hingga 12 kecamatan se Kabupaten Tapin. Namun baru dilaksanakan di 2 Masjid Kecamatan Binuang, Tapin Selatan 1 Masjid, Salam Babaris 1 Masjid, Tapin Utara 3 masjid dan Kecamatan Lokpaikat 2 Masjid.


Untuk perusahaan yang mensupport bantuan paket sembako pada kegiatan ini kata Dwi Suryanto, yakni PT Antang Gunung Meratus (PT AGM), PT Binuang Mitra Bersama (PT BMB), PT Berkat Anugerah Sejahtera (PT BAS), PT Energi Batubara Lestari (PT EBL), PT Cipta Kridatama (PT CK), PT Kalimantan Prima Persada (PT KPP), PT Bhumi Rantau Energi (PT BRE), PT Hasnur Riung Sinergi (PT HRS) site Rantau dan site AGM.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PMI Tapin Gandeng Perusahaan Tambang Gelar Donor Darah Keliling Masjid

Terkini

Topik Populer

Iklan